Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Perkuat Bukti Gugatan, CV.Karya Sendoro Hadirkan Saksi

Perkuat Bukti Gugatan, CV.Karya Sendoro Hadirkan Saksi

Nias | suarasumut.com — Untuk memperkuat bukti bukti yang telah diserahkan kepada Majelis Hakim dalam gugatannya terhadap Bupati Nias dan Direktur RSUD Gunungsitoli, Direktur CV.Karya Sendoro Sonitehe Telaumbanua, SH menghadirkan dua orang saksi.

Saksi yang dihadirkan direktur CV.Karya Sendoro pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Senin (29/8) adalah Ketua Aspekindo Kepulauan Nias Herianto Zega alias Tuan dan saksi ahli bidang teknisi pengadaan Adilius Zalukhu.

Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Muhammad Y Sembiring, SH yang dimulai pukul 14.30 wib sempat diskor selama 10 menit. Penghentian sidang dilakukan karena Hakim dan kuasa hukum Bupati Nias menolak saksi ahli dibidang pengadaan Adilius Zalukhu yang diajukan CV.Karya Sendoro.

Hakim dan kuasa hukum Bupati Nias berdalih saksi yang diajukan CV.Karya Sendoro tidak bisa memberikan kesaksian karena memiliki hubungan kerja dengan CV.karya Sendoro pada tahun 2012.

Direktur CV.Karya Sendoro bersikukuh mengajukan saksi tersebut dengan alasan, saksi yang dia hadirkan adalah untuk memperkuat bukti sejumlah kerugian yang dialami CV.Karya Sendoro akibat pembatalan CV.Karya Sendoro sebagai pemenang tender proyek pengadaan Alat Kesehatan di RSUD Gunungsitoli tahun 2012.

Setelah terjadi perdebatan, dan sidang dihentikan sementara waktu oleh Hakim untuk berembuk, akhirnya sidang kembali digelar dan saksi yang diajukan CV.Karya Sendoro diterima dengan syarat bukan sebagai saksi ahli, dan tidak mempunyai hubungan kerja dengan CV.Karya Sendoro atau pihak yang berperkara tahun ini.

Usai sidang, Direktur CV.Karya Sendoro Sonitehe Telaumbanua, SH yang ditemui wartawan mengaku heran atas penolakan terhadap saksi yang dia ajukan oleh hakim, padahal menurut dia, pada sidang terdahulu, Bupati Nias pernah menghadirkan saksi dari instansi pemerintah Kabupaten Nias dan tidak ada penolakan oleh Hakim.

Kuasa Hukum Jerumuskan Bupati Nias

Sonitehe juga menuding jika kuasa hukum Bupati Nias seakan akan sengaja menjebak dan menjerumuskan Bupati Nias pada sidang pemeriksaan saksi yang diajukan CV.Karya Sendoro.

Menurut Sonitehe, kuasa hukum Bupati Nias membaca berita acara anwejing pada pelaksanaan lelang tahun 2012 pada persidangan untuk menerangkan kepada saksi jika pemenang tender bisa dibatalkan jika dana proyek belum masuk ke kas daerah atau Dipa Kabupaten Nias.

“Tadi kuasa hukum Bupati Nias membaca berita acara anwejing lelang tahun 2012 yang menegaskan jika lelang bisa dibatalkan jika dana belum masuk dalam kas daerah. Tetapi, bukti terakhir yang diserahkan kuasa hukum Bupati Nias kepada Hakim adalah bukti jika dana proyek Alkes tersebut sudah masuk dalam rekening Pemkab Nias pada Desember tahun 2012. Apa ini tidak menjebak Bupati Niasi,” jelas Sonitehe sambil berlalu.(ih/ss-ni)

Lihat Juga

OPD Pemkab Labuhanbatu Laksanakan Bhakti Sosial Ke Panti Asuhan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang ke-72 Tahun ...