Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Perhimpunan Indonesia Tionghoa Tebingtinggi Rayakan HUT Ke 17

Perhimpunan Indonesia Tionghoa Tebingtinggi Rayakan HUT Ke 17

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan hadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke 17 Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) dan Malam Pesona Budaya Pelangi, di Aula Food Court Jalan Veteran Tebingtinggi, dihadiri Konjen RRT Mrs Zhu Hong Hai, dan Ketua INTI Sumut, Anwar Susanto, Minggu malam (10/4).

Umar mengatakan, hubungan Indonesia dan Tiongkok itu sudah terjalin sejak ratusan tahun silam dan itu ditandai dengan kedatangan Laksamana Ceng Ho ke Indonesia. “Etnis Tionghoa di Indonesia ini merupakan bagian dari sejarah panjang bangsa sejak zaman kolonial, dan ikut serta bersama-sama pejuang bangsa ini memerdekan Indonesia,”ujar Umar.

Dikatakan Umar, Perhimpunan INTI dibangun oleh para pendirinya para tokoh etnis Tionghoa untuk membangun kebersamaan memperkokoh persatuan dan kesatuan membantu Bangsa Indonesia menjadikan bangsa ini berkarakter dan sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. “Kami tau persis INTI Kota Tebingtinggi, sudah banyak berbuat bagi pembangunan di daerah ini utamanya di bidang sosial dan kesejahteraan rakyat, selalu cepat tanggap dalam memberikan bantuan kepada saudara-saudaranya yang terkena bencana,”paparnya.

Lanjutnya, INTI Tebingtinggi terus terlibat dalam berbagai kegiatan hari-hari besar keagamaan apapun, tanpa pernah membeda-bedakannya. Menurutnya, pemko memberikan apresiasi kepada INTI Tebingtinggi. “Selain perayaan HUT, juga digelar sebuah kesenian yang ditampilkan oleh Tim Kesenian dari Provinsi Yunan Tiongkok, merupakan budaya itu milik kita bersama. Saya dahulu ketika masih kecil sering kali menonton pagelaran barongsai dan pertujukan wayang kelitik yang digelar di kelenteng, dan tentunya budaya itu sudah dikenal bangsa Indonesia sejak lama sekali,”sebut Umar.

Konjen RRT Mrs Zho Hong Hai dalam bahasa mandarin yang ditransleterkan (diterjemahkan) menyambut gembira kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada Pemko Tebingtinggi yang memberikan dukungan atas terselenggaranya acara tersebut. Zho juga memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan yang begitu akrab dengan warga etnis Tionghoa Tebingtinggi, dan diharapkan hubungan harmonis ini terus dapat terjaga dengan baik.

Ketua INTI Tebingtinggi, Riyanto alias Asiong menyampaikan terima kasih kepada wali kota yang selalu ada dan datang pada berbagai kegiatan yang dilakukan. Riyanto menuturkan, egiatan yang dilakukan mendadak ini pun wali kota berkenan memenuhi undangan INTI.

Dalam acara tersebut, wali kota menyerahkan tanda mata kepada Konjen RRT Mrs Zhu Hong Hai, berupa plakat Tebingtinggi, kain ulos dan batik khas daerah itu. Hal yang sama juga diberikan kepada tim kesenian dari Yunan Tiongkok. Umar juga menerima kenang-kenangan dari tim kesenian Provinsi Yunan berupa giok berbentuk kuda dan kalung tradisional negeri Tiongkok.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...