Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Perda RTRW Dan PBB Kota Gunungsitoli Akan Dievaluasi

Perda RTRW Dan PBB Kota Gunungsitoli Akan Dievaluasi

Gunungsitoli, suarasumut.com — Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama DPRD Kota Gunungsitoli akan melakukan evaluasi terhadap Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Daerah (Rtrw) Kota Gunungsitoli.

Selain Perda RTRW, Perda nomor 2 tahun 2011 tentang kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Gunungsitoli sebesar 300 persen, juga akan dievaluasi dalam waktu dekat.

Rencana evaluasi terhadap Perda RTRW dan Perda yang mengatur kenaikan PBB sebesar 300 persen, diungkapkan Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp pada acara coffee morning dengan sejumlah wartawan, di Aula Samaeri, kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (5/8).

Dalam acara yang dihadiri Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato dan sejumlah Kepala SKPD Kota Gunungsitoli, Wali Kota menyampaikan, rencana evaluasi Perda yang mengatur kenaikan PBB dilakukan, karena warga tidak mapu membayar PBB yang naik hingga mencapai 300 persen.

Pemko Gunungsitoli akan meminta kepada DPRD Kota Gunungsitoli untuk mengevaluasi Perda tersebut. Sedangkan untuk Perda RTRW, Pemko akan melakukan evaluasi sesuai kepentingan rakyat dan terkait dalam pemanfaatan ruang di Kota Gunungsitoli.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli menyambut baik rencana Pemko Gunungsitoli yang akan mengajukan evaluasi Perda RTRW dan Perda yang mengatur kenaikan PBB di Kota Gunungsitoli kepada DPRD Kota Gunungsitoli.

Herman menjelaskan, hal yang perlu dirubah dalam RTRW adalah terkait larangan pembangunan 100 meter sepadan pantai. Dia memberitahu, RTRW Kota Gunungsitoli memiliki turunan Perda dan tidak hanya mengacu kepada tata ruang, tetapi ada empat, dimana salah satunya adalah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Menurut dia, RTRW belum bisa menjadi atokan pembangunan, tetapi masih ada Perda RDTR yang saat ini sedang diusulkan. Sedangkan mengenai PBB yang naik hingga 300 persen, Herman mengaskan jika hal tersebut merupakan suatu kelemahan yang penting untuk segera dievaluasi.

Dia mengatakan, DPRD Kota Gunungsitoli akan menunggu surat dari Pemko Gunungsitoli untuk mengevaluasi Perda terkait PBB dan RTRW, dan berjanji akan menindaklanjutinya demi kepentingan rakyat Kota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Kata kunci terkait:
peraturan peraturan daerah di kota Gunungsitoli

Lihat Juga

KCBI “Bidik” Pungli Dan Korupsi SMPN I Berastagi

Berastagi | suarasumut.com  –  Pimpinan Pusat LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia Kordinator Wilayah Sumut Dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.