Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Percepatan Reformasi Birokrasi, Pemkab Sergai MoU Bersama GIZ Jerman

Percepatan Reformasi Birokrasi, Pemkab Sergai MoU Bersama GIZ Jerman

Sergai, suarasumut.com – Inovasi pelayanan publik merupakan tuntutan yang harus dilaksanakan sebagai reformasi birokrasi, bukan hanya sebatas memperbaiki yang belum baik, tapi bagaimana melakukan perubahan besar dan mendasar dalam paradigma serta tata kelola pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya aparatur. Atas dasar makna reformasi tersebut Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggandeng The Deutsche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Transformasi Jerman melakukan Nota Kesepahaman (MoU) bidang program-program percepatan reformasi birokrasi.

Selain dengan lembaga milik pemerintah Jerman tersebut, penandatangan kerjasama MoU juga dilakukan dengan Organisasi Masyarakat Sipil di Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (10/6).

Nota kesepahaman ini langsung ditandatangani oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama pihak GIZ Transformasi Jerman oleh DR. Nandya Jacobski Ghazali dan Direktur Utama Organisasi BITRA Wahyudi yang mewakili organisasi masyarakat sipil di Sergai.

Turut hadir pada kesempatan ini para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, sejumlah organisasi masyarakat sipil.

Disamping penandatangan MoU ini antara Pemkab Sergai bersama GIZ Jerman, pada pertemuan ini Pemkab Sergai juga secara khusus mendapat kunjungan istimewa dari Pemkab Banyuwangi Provinsi Jawa Timur yang dipimpin Asisten Pemerintah Umum Choiril Ustadi Yudawanto S.Ip, M.Si. Daerah Kabupaten Banyuwangi sendiri bersama Kabupaten Sergai merupakan Kabupaten/Kota di Indonesia yang menjadi daerah sasaran pendampingan GIZ Transformasi Jerman gerakan reformasi birokrasi.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyambut baik kerjasama penguatan reformasi birokrasi dengan GIZ, adanya MoU ini memberikan angin segar bagi Pemkab Sergai untuk melakukan gerak improvisasi percepatan reformasi birokrasi. Hal ini sejalan dengan komitmen peningkatan pelayanan publik yang terus dilakukan oleh Pemkab Sergai dalam agenda refomasi birokrasi, dimana kedepannya membuka lebih banyak ruang bagi keterlibatan organisasi masyarakat sipil.

Dengan kehadiran organisasi masyarakat sipil diharapkan Bupati Sergai Soekirman bukan sekedar menjadi “kaca spion” yang melihat kesalahan tapi mampu menjadi mitra memberi masukan positif yang membangun pelaksanaan reformasi birokrasi di kabupaten ini maupun pemerintahan Provsu, jelas Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.

Pelaksanaan reformasi birokrasi diakui Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sepenuhnya tidak dapat berjalan lancar, seiiring dengan perubahan nomenklatur organisasi pemerintahan itu sendiri. Dengan terbentuknya road map reformasi birokrasi Pemkab Sergai sebagai acuan dari rencana teknis dan detail mengenai perubahan birokrasi dengan mengutamakan prioritas jangka pendek dan jangka menengah serta capaian yang dilakukan dalam kurun waktu lima tahun mendatang yang diselaraskan dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Pada kesempatan yang sama DR. Nandya Jacobski Ghazali menjelaskan GIZ adalah lembaga kerjasama internasional yang dilibatkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) dalam pendampingan reformasi birokrasi khususnya program-program layanan publik di daerah. Kabupaten Sergai sendiri menjadi sasaran mitra kerja GIZ Transformasi Jerman karena dianggap sebagai daerah menonjol baik kemajuan pembangunan daerah maupun inovasi birokrasi di bidang reformasi birokrasinya.

Karena itu dikatakan DR. Nandya Jacobski Ghazali menjadi suatu kebanggaan bagi GIZ melakukan pendampingan untuk terus mengawal dan mensukseskan program-program percepatan reformasi birokrasi di Pemkab Sergai. Dan dapat ditindaklanjuti dengan saling memberikan ide, masukan serta bertukar informasi antara Pemkab Sergai dan GIZ Transformasi Jerman serta jaringan organisasi masyarakat, sehingga tujuan gerakan perubahan mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia Adakan Kompetisi Internasional ResPex

Malaysia | suarasumut.com  –  Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia adakan Kompetisi International Regional Student’s ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.