Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pengumuman Kenaikan Harga BBM Bersubsidi
Pengumuman Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Pengumuman Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Pemerintah secara resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Terhitung mulai 23 Juni 2013 pukul 00.00 WIB, harga jual Bensin/Premium/Gasolin RON 88 menjadi Rp 6.500 per liter (semula Rp 4.500/liter), dan harga Solar/Gasolin menjadi Rp 5.500 per liter (semula Rp 4.500/liter).

Pengumuman harga baru BBM bersubsidi jenis Premium dan Solar itu disampaikan oleh Menteri ESDM Jero Wacik sesuai Pengumuman Menteri ESDM Nomor 07.PM/XII/MPM/2013 tentang penyesuaian harga jual eceran BBM bersubsidi.

Pengumuman Kenaikan Harga BBM Bersubsidi
Pengumuman Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

 “Harga tersebut berlaku serentak di seluruh Wilayah Republik Indonesia, terhitung sejak 22 Juni 2013 pukul 00.00 WIB,” kata Menteri ESDM Jero Wacik didampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan sejumlah menteri di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (22/6) malam.

Keselamatan Ekonomi

Sebelumnya Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam pengantarnya menyampaikan, bahwa penyesuaian harga BBM itu merupakan tindak lanjut dari telah ditetapkannya RUU APBNP 2013 menjadi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2013tentang APBNP 2013.

“APBNP ini penting tidak saja untuk menjaga keselamatan dan kesinambungan fiskal, tetapi juga perekonomian kita secara keseluruhan,” kata Hatta.

Ia menyebutkan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2013pemerintah mengambil langkah penyesuaian harga BBM. Keputusan ini , kata Hatta, tentu berdampak pada inflasi yang berpengaruh pada masyarakat berdaya beli rendah.

“Oleh karena itu penyesuaian harga BBM harus dibarengi dengan pelaksanaan program perlindungan sosial untuk melindungi masyarakat yang terkena dampak penyesuaian harga BBM bersubsidi,” jelas Hatta.

Selain dihadiri oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri ESDM Jero Wacik, pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi itu juga dihadiri oleh Menko Kesra Agung Laksono, Menko Polhukam Djoko Suyanto,  Menkominfo Tifatul Sembiring, Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menristek Gusti M. Hatta, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...