Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Pengadilan Negeri Gunungsitoli Tolak Gugatan CV.Karya Sendoro

Pengadilan Negeri Gunungsitoli Tolak Gugatan CV.Karya Sendoro

Gunungsitoli | suarasumut.com — Pengadilan Negeri Gunungsitoli menolak gugatan direktur CV.karya Sendoro Sonitehe Telaumbanua terhadap Bupati Nias dan direktur RSUD Gunungsitoli atas pembatalan CV.Karya Sendoro sebagai pemenang tender pengadaan Alat kesehatan di RSUD Gunungsitoli tahun 2012 dengan pagu dana sebesar Rp 15 milliar.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli M.Yusup Sembiring, SH bersama Hakim Kennedy P Sitepu, SH, MH dan Hakim Agung C Laia, SH, MH menetapkan jika putusan Bupati Nias membatalkan CV.Karya Sendoro sebagai pemenang tender pengadaan Alat kesehatan RSU Gunungsitoli tahun 2012 tidak melawan hukum.

Penolakan terhadap gugatan Direktur CV.Karya Sendoro Sonitehe Telaumbanua ditetapkan Hakim M.Yusp Sembiring pada sidang penetapan yang digelar di Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (11/10).

Direktur CV.Karya Sendoro Sonitehe Telaumbanua yang ditemui usai sidang mengaku kecewa atas putusan hakim, dan mengatakan bahwa putusan yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Gunungsitoli diluar konteks teori hukum. “Ini putusan sangat menyesatkan, dan sangat ektrim. Dari mana aturan hukum yang mengatur boleh sewenang wenang Kepala Daerah mengintervensi kewenangan panitia pengadaan dalam menetapkan pemenang. Justru dalam dalam Pasal 6 huruf g Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa, pemerintah dilarang melakukan penyalahgunaan kewenangan untuk tujuan golongan atau pihak lain,” sesal Sonitehe.

Sonitehe juga mengatakan, negara bisa bahaya jika penerapan hukum seperti ini, karena sama halnya mengajari kepala daerah yang lain untuk sewenang wenang mengintervensi tender tender proyek di daerah yang dipimpinnya.

Ini juga menurut Sonitehe merupakan bentuk teror mental kepada panitia pengadaan dan rekanan yang murni berkompetisi. Ibaratnya, Jika tidak suka, kepala daerah dapat membatalkan pemenang tender dan jangan harap dapat kerja jika tidak dekat dengan kepala daerah. “Oreintasi putusan ini menurut saya, arahnya melegalkan KKN dan kesewenang wenangan. Maka kita ajukan upaya banding, dan dalam emmori banding akan kita uraikan kekeliruan hakim,” ungkap Sonitehe.

Kuasa hukum Bupati Nias, Agusmar Zalukhu, SH yang ditemui di tempat yang sama mengatakan, tidak dapat memberi keterangan atas putusan hakim, dan hanya mengikuti apa yang diputuskan hakim, sebab menurut dia, Bupati Nias memang tidak melawan hukum dalam putusannya.(ih/ss-gs)

Kata kunci terkait:
pengadilan negeri gunungsitoli

Lihat Juga

Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu Diikuti 430 Riders Roda 2 Dan 70 Off Roader

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Event bergengsi “Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu” yang dilaksanakan ...