Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Pengadilan Agama Rantauprapat Larang Warga Melihat Putusan Cerai

Pengadilan Agama Rantauprapat Larang Warga Melihat Putusan Cerai

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pengadilan Agama Rantauprapat yang di Ketuai Drs Mawarlis melarang keras jika melihat ‘putusan’ cerai saat digelar di Persidangan. Itu dikatakan petugas Pengadilan Agama yang bernama Usup.

“Tidak bisa bang, kalau mau lihat putusan, apalagi abang bukan keluarga yang bercerai, kalau tidak ada kaitannya meski sidang putusan tidak diperbolehkan masuk,” kata Usup (30/3/2017) sekitar pukul 15.00 wib.

Menurutnya, dengan tidak diberikannya masuk meski sidang putusan, disebabkan pihak Penggugat atau Tergugat nantinya merasa keberatan.

“Tidak bisa bang kalau mau masuk, ini perintah atasan saya, terkecuali abang salah satu keluarganya baru bisa masuk,”bilang Usup.

Terkait itu, diminta tanggapan Praktisi Hukum Nasir Wadiansan Harahap,SH membantah apa yang diperintahkan Ketua PA pada petugasnya.

Menurutnya, untuk semua proses persidangan baik yang terbuka maupun tertutup untuk umum berlaku ketentuan Pasal 195 KUHAP yang menyatakan bahwa semua putusan pengadilan hanya sah dan mempunyai kekuatan hukum apabila diucapkan di sidang terbuka untuk umum.

“Pasal 195 itu menyatakan setiap putusan harus sidang terbuka, walaupun kasus perceraian itu sifatnya tertutup, tetapi pada saat pembacaan putusan wajib terbuka untuk umum.(ab/ss-lb)

Kata kunci terkait:
pengadilan agama rantauprapat

Lihat Juga

452 Pramuka Ikuti Perkemahan Internasional 2017 Di Malaysia

JAKARTA | suarasumut.com  –  Sebanyak 452 anggota Gerakan Pramuka akan mengikuti Perkemahan Internasional di Selangor, ...