Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Pendidikan Sergai Laksanakan Raker 2016

Pendidikan Sergai Laksanakan Raker 2016

Sergai | suarasumut.com  –  Sebanyak kurang lebih 138 orang dari Stakeholder Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti Rapat Kerja (Raker) tahun 2016. Agenda dari Raker tahun ini adalah untuk membahas kebijakan Dinas Pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan, penyampaian program kerja serta penyusunan data dalam rangka perencanaan pembangunan lima tahunan.

Raker ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dengan turut dihadiri Pengawas Kemendikbud Jakarta DR. Heri Waluyo, Direktur TMC Indonesia Tasmil Moris, MBA, CBA, Koordinator Provinsi USAID Prioritas Sumut Agus Marwan, Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, Kabag Humas Drs. Benny Saragih MM, Camat Pantai Cermin Gunawan JW. Hasibuan, S.STP, Kepala Sekolah SMAN 5 Bandung Drs. Sugiarto MM dan para peserta raker yang dilaksanakan di aula Theme Park Pantai Cermin, Selasa (18/10).

Bupati Soekirman mengapresiasi dengan terlaksananya Raker ini diharapkan dapat memproyeksikan kemajuan wajah dunia pendidikan untuk lima tahun mendatang. Setidaknya ada 5 aspek yang harus dibahas untuk menemukan langkah-langkah strategis. Kelima hal tersebut yakni pertama, mengenai sekolah yang mencakup kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung jalannya proses belajar mengajar, kedua, mengenai guru dan peningkatan kompetensinya dari tahun ke tahun. Ketiga, siswa atau murid dan lingkungannya yang harus dipetakan sehingga mampu membuat kebijakan yang sesuai, keempat, orang tua yang mendukung siswa untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya serta yang terakhir, kelima, lingkungan hidup sekitar yang kondusif bagi kemajuan dunia pendidikan dan networkingnya (jaringan).

Terkait dengan implementasi UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang mengatur pengalihan wewenang pengelolaan atas Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kepada Pemerintah Provinsi, Bupati Soekirman mengingatkan para pendidik khususnya di SMA dan SMK untuk tidak khawatir dan tetap fokus meningkatkan kompetensi sebagai guru yang handal. “Dimasa transisi ini, para guru harus tetap fokus kepada kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya karena pemerintah akan tetap mengupayakan yang terbaik bagi guru-guru berkompeten,”himbau Bupati Soekirman.

Peringkat Ujian Kompetensi Guru (UKG) para pendidik di Sergai juga diharapkan dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini Sergai menempati posisi 17 dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumut, tahun depan diharapkan ada dalam peringkat 10 besar dalam hal kompetensi guru-gurunya. “Meskipun pada akhirnya kewenangan atas 18 SMA dan 10 SMK di Sergai dengan 637an guru dialihkan kepada Pemprovsu, namun dengan kebijakan pendidikan yang ada saat ini mengedepankan kualitas yang dihasilkan dari proses belajar mengajar sehingga tidak dipengaruhi ego sektoral atau ego wilayah, pungkas H. Soekirman.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa Raker ini diikuti dari perwakilan Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK Negeri, para KCD, Perwakilan BMPS, Perwakilan Pengawas, Kordinator Penilik, SKB, SLB, PKBM, Forum PAUD, GOPTKI, dari media massa dan undangan lainnya.

Agenda pembahasan dalam raker ini antara lain bagaimana meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, pengawas di lingkungan Disdik, mobiler sekolah, pemerataan guru, kesejahteraan guru honorer dan pengelolaan barang milik daerah atau aset terkait adanya belanja modal dari Dana Bos.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...