Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Penderita HIV/AIDS Meningkat, RSU Gunungsitoli Tangani 33 Pasien

Penderita HIV/AIDS Meningkat, RSU Gunungsitoli Tangani 33 Pasien

Nias | suarasumut.com — Penderita HIV/AIDS di Pulau Nias terus meningkat, hingga Juli 2016, Rumah Sakit Umum Gunungsitoli telah menangani sebanyak 33 orang pasien yang menderita penyakit HIV/AIDS.

Dari 33 penderita HIV/AIDS yang ditangani RSU Gunungsitoli, tiga diantaranya telah meninggal dunia. Hal tersebut dibenarkan Direktur RSU Gunungsitoli dr.Julianus Dawolo, M.Kes yang ditemui di RSU Gunungsitoli, Jalan Dr.Ciptomangunkusumo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Selasa (3/8).

Menurut Julianus, jumlah tersebut bertambah dari tahun sebelumnya, dimana tahun 2015 penderita HIV/AIDS yang ditangani RSUD Gunungsitoli ada sebanyak 25 penderita HIV/AIDS.

Kepada media, dr.Julianus Dawolo, M.Kes memberitahu, sejak tahun 2015, RSU Gunungsitoli telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai salah satu Rumah Sakit yang bisa menangani penderita HIV/AIDS.

Kini Rumah Sakit Gunungsitoli bisa mendapat obat untuk penderita HIV/AIDS melalui rekomendasi Kemenkes RI. Tidak semua Rumah Sakit bisa menangani penderita HIV/AIDS, karena obat untuk mengobati penderita HIV/AIDS tidak diperjual belikan di apotik apotik dan yang bisa mendapat obatnya, hanya Rumah Sakit yang telah ditunjuk Kemenkes RI.

“Para penderita HIV/AIDS yang berobat ke RSU Gunungsitoli sebagian besar tidak dirawat inap, dan hanya diterapkan rawat jalan. Kepada penderita HIV/AIDS yang belum mendapat penanganan, kita imbau untuk berobat ke RSU Gunungsitoli, dan pihak RSU Gunungsitoli menjamin kerahasiaan identitas para penderita,”imbau Direktur RSUD Gunungsitoli.(sw/ss-ni)

Kata kunci terkait:
jumlah pengidap hiv di nias, angka penderita hiv aids di nias 2017

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.