Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkot Peringati Hari Bersejarah

Pemkot Peringati Hari Bersejarah

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Peringatan hari bersejarah 13 Desember 1945 di Kota Tebingtinggi diperingati dengan upacara bendera, Selasa (13/12) dilapangan Merdeka.

Sebelum melaksanakan upacara Pj.Walikota bersama dengan unsur FKPD melakukan ziarah tanah wakaf perkuburan Dt.Bandar Kajum dan ziarah tabur bunga di jembatan Titi Gantung tempat para pejuang yang gugur dalam pertempuran melawan tentara jepang yang ingin kembali menguasi Tebingtinggi.

Dalam amanaynya ia mengatakan upacara ini dilaksanakan saban tahun guna mengingat dan mengenang kembali kisah bersejarah 71 tahun silam, bagaimana para pejuang putra-putra Tebingtinggi berjuang mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih.

Peristiwa berdarah yang heroik ini mengakibatkan banyaknya jatuh korban gugur dalam pertempuran tersebut, dengan satu tekad persatuan dan kesatuan mempertahankan kemerdekaan dari bangsa penjajah,dan itu ditandai hingga sampai saat ini dengan masih tegak dengan kokoh berdiri tugu 13 Desember 1945, yang percis berada disudut lapangan Merdeka.

Dikatakanya, peristiwa bersejarah 13 Desember 1945 tersebut punya makna tersendiri buat masyarakat Kota Tebingtinggi, yang terdiri dari berbagai macam etnis dan agama, sejak jaman dahulu hingga sampai saat ini, hubungan silaturhmi dan menjaga persatuan dan kesatuan cukup tinggi.

“Semua yang dilakukan para pendahulu kita tersebut pantas untuk dijadikan suri tauladan bagi generasi muda saat ini untuk mengisi pembangunan yang sedang dan akan dilakukan terus untuk membangun Kota Tebingtinggi lebih maju lagi dimasa yang datang,”jelasnya.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Kapolres Akan Lidik Dugaan Penyelewengan Dana BPBD Labuhanbatu

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Isu yang menerpa Kepala Badan (Kaban) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten ...