Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemko Gunungsitoli Urus Warga Penyandang Disabilitas

Pemko Gunungsitoli Urus Warga Penyandang Disabilitas

Gunungsitoli | suarasumut.com — Pemerintah Kota Gunungsitoli akan mengurus warga Kota Gunungsitoli yang menderita/penyandang disabilitas. Hal tersebut dilakukan sesuai amanah UUD tahun 1945 yang menyatakan bahwa orang orang terlantar termasuk didalamnya yg mengalami disabilitas mental dipelihara oleh negara.

Pernyataan tersebut dilontarkan Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Ir.Agustinus Zega ketika Dinas Sosial Kota Gunungsitoli nmenangani seorang wanita penderita disabilitas mental Samrida Zebua (49) di kantor Pesparawi, Jalan Gomo, Kelurahan pasar, Kota Gunungsitoli tepatnya depan kantor DPRD Kota Gunungsitoli, Rabu (5/4).

Menurut Sekda, Samrida Zebua sempat melakukan perlawanan dan menolak untuk dirawat dan dipindahkan ke tempat yang lebih layak. Setelah dibujuk petugas dari Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, Samrida Zebua akhirnya mau dipindahkan dan ditempatkan di Yayasan Pemulihan Kasih Bangsa Nias yang terletak di Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi untuk dirawat dan direhabilitasi.

Sekda menerangkan, sebelumnya, Samrida Zebua selalu mengganggu ketertiban masyarakat sekitar, maupun kantor instansi pemerintah yang berada di sekitarnya. Sehingga Pemko Gunungsitoli bekerjasama dengan Yayasan Pemulihan Kasih Bangsa Nias untuk menangani Samrida Zebua.

Dia juga memberitahu, penanganan penyandang disabilitas disesuaikan dengan kemampuan daerah, dan wajar apabila masih belum dapat di tangani seluruhnya. Biaya warga penyandang disabilitas yang akan diurus akan dicoba dimasukkan dalam anggaran P-APBD Kota Gunungsitoli tahun 2017.

Menurut dia, kendala yang dihadapi dalam menangani orang yang mengalami disabilitas, tidak adanya identitas yang jelas, keluarga yang bersangkutan tidak mengakui dan tidak menerima yang bersangkutan, serta badanya penolakan jika mereka dipindahkan ke tempat yang lebih baik dan layak.

Tidak lupa Sekda Kota Gunungsitoli mengucapkan apresiasi khusus terhadap Dinas Sosial Kota Gunungsitoli yang telah menangani orang yang mengalami disabilitas mental, dan berharap para penyandang disabilitas dapat kehidupan yang layak, pendidikan yang baik, mandiri dan tentunya tidak mengganggu dan menjadi beban orang lain.(al/ss-gs)

Kata kunci terkait:
haji kota gunungsitoli 2017, kecamatan gomo

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...