Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pemko Gunungsitoli Latih Warga Kelola Sampah

Pemko Gunungsitoli Latih Warga Kelola Sampah

Gunungsitoli, suarasumut.com — Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui kantor Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, melakukan pelatihan kepada warga Kota Gunungsitoli bagaimana mengelola sampah. Pelatihan pengelolaan sampah dengan metode Reduce, Reuse dan Recycle (3R), dilaksanakan di Balai Pertemuan Bintang Laut, Museum Pusaka Nias, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Selasa (4/8).

Dalam arahannya pada acara pelatihan pengelolaan sampah metode 3R, Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp mengatakan, selama ini masyarakat menganggap sampah sebagai barang sisa yang tidak berguna dan bukan sumber daya yang perlu dimanfaatkan.

Namun, paradigma baru memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan. Sampah bisa menjadi sumber energi, kompos, pupuk dan bahan baku industri.

Menurut Wali Kota, penerapan prinsip 3 R dalam rumah tangga dapat dijadikan sebagai salah satu pola kepedulian akan lingkungan. Reduce adalah mengurangi produksi sampah dengan cara pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu dibutuhkan, Reuse adalah memanfaatkan kembali benda/barang yang sudah tidak terpakai dan Recycle adalah mendaur ulang sampah organik dan anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat

Manfaat yang didapat dari metode 3 R, mengurangi tumpukan sampah, membantu pengolahan sampah secara dini dan cepat, menghemat biaya pengangkutan sampah ke , mengurangi kebutuhan lahan sebagai tempat dan menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan gangguan.

Dia berharap pelatihan yang dilakukan dapat menjadi momentum yang bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan lingkungan hidup, serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan sampah, untuk dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat..

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Yardius Gea memberitahu, pelatihan bertujuan untuk menstimulasi dan memotivasi seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli dalam menumbuh kembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk diketahui, peserta pelatihan diikuti 92 peserta yang berasal dari perwakilan sekolah SMA/SMK Sederajat sebanyak 2 orang dan guru pendamping 1 orang, dari Tim Kota Gunungsitoli 3 orang perwakilan tiap Kecamatan dan beberapa SKPD terkait.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Troktoar Di Kota Gunungsitoli Dialih Fungsikan

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Bangunan milik pribadi yang mengalih fungsikan troktoar di Kota Gunungsitoli,Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.