Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pemko Gunungsitoli Hearing Publik Ranperda Pengelolaan Dana Bergulir

Pemko Gunungsitoli Hearing Publik Ranperda Pengelolaan Dana Bergulir

Gunungsitoli | suarasumut.com  —  Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli melakukan Hearing publik Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) terkait Pengelolaan Dana Bergulir di Kota Gunungsitoli.

Hearing publik yang dihadiri Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua dengan nara sumber dari Kemenkumham Provinsi Sumatera Utara Rudy H. Pakpahan, SH, M. Hum, Marzuki, SH, Wan Laila P. Darwis SH dan Tri Kurnia Jaya Zega, SH digelar di Aula Samaeri, Lantai II, kantor Wali Kota Gunungsitoli, jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (14/2).

Pada pelaksanaan Hearing Publik, Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua memberitahu, kegiatan tersebut merupakan upaya perwujudan visi pemerintah yang diharapkan menyentuh ranah masyarakat secara langsung.

Melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terlebih masyarakat bertaraf ekonomi lemah serta para pelaku usaha dan pengusaha mikro kecil dan pengurus koperasi yang sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

Menurut Wali Kota, pengelolaan dana bergulir memerlukan payung hukum seperti Peraturan Daerah (Perda) yang dapat digunakan sebagai acuan dan pedoman dalam pemberlakuan pengelolaan dana bergulir.

Dia berharap, perangkat daerah beserta stakehokders dapat lebih serius membahas dan memberi masukan sehingga benar-benar menghasilkan ketentuan dan kebijakan yang dimuat dalam Ranperda, supaya dapat dibahas oleh DPRD dan segera ditetapkan menjadi Perda.

Tidak lupa dia mengimbau para pelaku usaha agar turut mendukung pelaksanaan Perda tersebut, serta berbagai program dan kebijakan pemerintah yang salah satunya dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku nantinya, baik itu dalam menetapkan lokasi usaha, penggunaan jasa angkutan dan lain sebagainya.

“Setelah penetapan Perda ini, Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat sesegera mungkin memfasilitasi pemberian bantuan usaha melalui perangkat daerah terkait kepada masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan pengusaha berekonomi lemah ataupun pengurus koperasi dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan yang belaku. Sehingga masyarakat dapat mengembangkan usahanya dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat berjalan lebih optimal menuju Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing,” ujar Wali Kota.

Abdul Majid Caniago, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli sebelumnya melaporkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian proses dalam rangka mewujudkan Perda tentang pengelolaan dana bergulir di jajaran pemerintah yang diikuti oleh anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Pimpinan BUMN/BUMD seKota Gunungsitoli, Pimpinan Perguruan Tinggi Kota Gunungsitoli, para pelaku usaha dan pengurus koperasi se Kota Gunungsitoli.

Dia mengungkapkan, dana bergulir baru dapat diberlakukan ditengah masyarakat pelaku usaha dan koperasi di Kota Gunungsitoli setelah penetapan Perda oleh DPRD Kota Gunungsitoli.(al/ss-gs)

Kata kunci terkait:
AUD-20170217-WA0014

Lihat Juga

Capai Pelayanan Paripurna, RSUD Rantauprapat Gelar Bimbingan Dari KARS Pusat

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Demi meningkatkan pelayanan Prima untuk masyarakat, RSUD Rantauprapat rela mengadakan bimbingan ...