Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pemkab Sergai Terima Aset dari Pemkab Deliserdang

Pemkab Sergai Terima Aset dari Pemkab Deliserdang

Berita AcaraSei Rampah, suarasumut.com – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan Daerah Otonomi pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di Provinsi Sumatera Utara. Semenjak dimekarkan dari kabupaten induk, Sergai terus berupaya melakukan pembenahan baik dibidang pemerintahan maupun pembangunan. Namun sejak dimekarkan dari Kabupaten Induk ada beberapa aset yang belum diserahkan ke Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Penyerahan Aset secara De Jure oleh Bupati Deli Serdang yang diwakili Sekdakab Asrin Naim kepada Bupati Sergai Ir. H. Soekirman turut disaksikan Ketua DPRD Sergai H. Yuli Azmy Sitorus SH, MSP dan para wakilnya, Sekdakab Drs. H.Haris Fadillah MSi, para Kepala SKPD Sergai, Ketua DPRD Deli Serdang Hj.Fatmawati Takrim SH dan para wakilnya serta Kepala SKPD Deli Serdang. Acara penyerahan dilaksanakan di ruang kerja Ketua DPRD Kompleks Kantor Bupati Deli Serdang di Lubuk Pakam, Senin (21/04).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan peristiwa ini merupakan suatu kemajuan yang luar biasa karena selama pemekaran secara De Facto telah diserahkan kepada Pemkab Sergai akan tetapi secara De Jure baru terlaksana pada hari ini.

Selama belum tuntasnya masalah pelimpahan aset secara resmi ke Kabupaten Sergai menyebabkan belum rampungnya penilaian terhadap aset yang dimiliki sehingga pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam audit BPK belum dapat diperoleh. Padahal pengelolaan aset berikut pemeliharaannya menjadi tanggung jawab Kabupaten Sergai, ujar Bupati Soekirman.

Penyerahan Aset ini telah sesuai dengan Peraturan yang berlaku yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2007 tentang Batas Daerah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara serta Surat Keputusan DPRD Kabupaten Deli Serdang Nomor 13/K/DPRD/Tahun 2006 tentang Persetujuan Penyerahan Aset/Barang Inventaris Pemerintah Kabupaten Deli Serdang kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.

Penyerahan Aset berupa Dokumen senilai Rp. 87.824.117.872,- (delapan puluh tujuh milyar delapan ratus dua puluh empat juta seratus tujuh belas ribu delapan ratus tujuh puluh dua rupiah). Adapun aset tersebut terdiri dari Tanah, Gedung, Kendaraan Dinas roda empat dan dua, Jalan, Irigasi dan Jaringannya serta Barang Inventaris lainnya.( ril/pu/ss/sr )

Lihat Juga

Kapolres : Anggota Polres Labuhanbatu Yang Beck-Up Judi Lapor Ke- Saya

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Polres Labuhanbatu terus gencar memburu pelaku perjudian diwilayah hukumnya. Terbukti dengan ...