Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Peringati Harganas XXIII Dan HAN 2016

Pemkab Sergai Peringati Harganas XXIII Dan HAN 2016

Sergai | suarasumut.com  –  Tanpa kita sadari belakangan ini sering sekali terjadi peristiwa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi terhadap anak. Padahal kita menyadari bahwa anak merupakan generasi penerus yang tidak dapat dipisahkan dari keberlangsungan kehidupan terutama dilingkungan keluarga. Karena keluarga merupakan lembaga terkecil pertama dan utama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Disamping itu juga sebagai tempat untuk melakukan pembinaan dan pengembangan dalam mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) saat memberikan musikal pidato pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIII dan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2016 bertempat di lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin (8/8).

Turut hadir Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi, Kepala Perwakilan BKKBN Provsu Drs. Temazero Zega M.Kes, Kepala Bagian Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Biro PPAKB Setdakab Provsu Burhanuddin SH, MSi, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Kepala SKPD, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Desa/Lurah dan Ketua TP PKK Desa, kepala Puskesmas, UPT dan PLKB, Ketua FKUB, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda serta anak-anak dari seluruh kecamatan se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bahwa lagu yang dibawakan berjudul “Anakkon Hi Do Hamoraon Di Ahu dan Tangiang ni Dainang/Saur Matua (Batak) serta Anakku Sazali dan Timang-Timang Anakku Sayang (Melayu)” mempunyai makna anak adalah kekayaan yang paling berharga sehingga orang tua akan terus memperjuangkan anaknya dan membahagiakannya. Karena doa orang tua selalu mengiringi kehidupan anaknya.

Disamping itu kewajiban dalam hal mengurus dan mendidik anak bukan saja semata tanggung jawab para ibu, melainkan juga sebagai tanggung jawab seorang bapak terhadap anaknya. Oleh karenanya Bupati Soekirman mengajak masyarakat untuk membangun komunikasi yang baik kepada anak, jadikan mereka sebagai sahabat sehingga mereka menjadikan kita para orang tua tempat untuk berbagi cerita, ujar Bupati Sergai.

Diakhir sambutannya Bupati Sergai mengajak seluruh komponen bangsa baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara bersama-sama melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab kepada anak dengan memberikan pemenuhan hak-hak anak. “Dan kepada para anak sebagai generasi penerus bangsa teruslah belajar, rajin beribadah, hormati dan taati orang tua, guru serta jauhilah narkoba dan hindari dari berbagai aktivitas yang tidak bermanfaat,”pungkas H. Soekirman.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Provsu Drs. Temazero Zega M.Kes memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Sergai atas terselenggaranya peringatan Harganas dan HAN ini. “Hal ini merupakan dukungan atas program dari Presiden RI Joko Widodo yakni gerakan Perubahan Nasional Revolusi Mental. Dimana gerakan ini merupakan gerakan seluruh rakyat Indonesia bersama Pemerintah untuk memperbaiki karakter bangsa menjadi Indonesia yang lebih baik melalui integritas, etos kerja dan gotong royong,”ujar Temazero.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Ny. Hj. Marliah Soekirman yang juga selaku Katua TP PKK Sergai melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan Harganas adalah untuk meningkatkan peran serta seluruh lembaga, stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam pelaksanaan program KKBPK untuk membangun keluarga kecil, bahagia, sejahtera dan mengintegritaskan program pembangunan lainnya.

Sedangkan tujuan peringatan HAN adalah menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak.

“Kegiatan yang dihadiri sekitar 900 orang dimeriahkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang perlombaan Kesatuan Gerak PKK, Lomba Kader IMP dan PLKB serta anak berprestasi, pameran kelompok UPPKS, pameran buku dan photo anak serta pelayanan kesehatan,” jelas Hj. Marliah Soekirman.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...