Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Diseminasi HAM Bagi Pelajar

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Diseminasi HAM Bagi Pelajar

Sergai, suarasumut.com – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan Siswa/i SMK dan SMA mengenai Hak Azasi Manusia (HAM) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai melalui Bagian Hukum menggelar Sosialisasi Diseminasi HAM bagi siswa/i SLTA/sederajat bertempat di aula Theme Park Resort Pantai Cermin, Rabu (8/10).

Sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari ini sejak 8-9 Oktober 2014 ini dibuka Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, turut dihadiri Staf Ahli Bidang Hukum Rudi Sitorus, SH, Kabag Hukum Suryan Syahrizal, SH, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Camat Pantai Cermin Gunawan Hsb, S.STP narasumber Majda El Muhtaj, M.Hum dan Arif Wahyudi, SH dari Pusham Unimed, Wina Khairina, Juniarti dan Quadi Azzam, S.Pd, Guru pendamping dan para siswa/i dari 3 SMA/SMK se-Sergai.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat menyambut positif kegiatan sosialisasi tersebut karena dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para siswa/i yang dapat diterapkan serta diimplementasikan pada diri sendiri dan kehidupan kita sehari-hari. Para pelajar adalah penerus bangsa yang kelak akan menjadi pengganti generasi terdahulu, keberhasilan kami adalah apabila anda semua berhasil melampui apa yang kami raih, itulah hal yang membahagiakan, ujar Bupati.

HAM yang merupakan hak dasar yang melekat dalam setiap manusia kedudukannya sangat kuat dan di bukukan dalam konstitusi kita UUD 1945, karena Pemerintah mengemban kewajiban mengakui dan melindungi hak azasi setiap manusia tanpa terkecuali. Begitu juga setiap orang wajib mengemban kewajiban mengakui dan menghormati hak asasi orang lain, karena kebebasan setiap orang dibatasi kebebasan hak azasi orang lain dengan akal budi dan nurani itu manusia bebas memutuskan sendiri untuk bertindak dan bertanggung jawab atas perilaku atau perbuatannya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bahwa kita patut bangga karena Kabupaten Sergai termasuk yang pertama di Sumatera Utara dalam membentuk peraturan Daerah tentang Wajib Belajar 12 Tahun, penghapusan pekerjaan terburuk untuk anak, kesehatan ibu, bayi dan balita dan kawasan tanpa rokok, dengan adanya peraturan daerah tadi Pemerintah Kabupaten Sergai berusaha memenuhi kewajiban konstitusinya dibidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya kepada masyarakat.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa/i dapat lebih memahami apa arti HAM dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk keperluan pengetahuan saja tetapi untuk diimplementasikan melalui sikap dan perbuatan, pungkas Bupati.

Sebelumnya Kabag Hukum Suryan Syahrizal, SH melaporkan tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa dapat memahami materi tentang HAM, Hak dan Kewajiban Warga Negara, menjelaskan pelaksanaan HAM di Indonesia serta menambah pengetahuan siswa/i tentang HAM.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Walikota Sibolga Lantik 9 Pejabat Eselon II Dan Kepala PDAM Tirta Nauli

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Walikota Sibolga, Drs.HM.Syarfi Hutauruk,MM, lantik sembilan pejabat Eselon II dilingkungan Pemko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *