Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi CRVS

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi CRVS

Sergai, suarasumut.com – Guna mendukung implementasi kerangka kerja Civil Registration & Vital Statistic (CRVS) atau Sistem Registrasi Sipil dan Statistik Vital di Asia dan Pasifik serta untuk menetapkan peningkatan kepemimpinan disektor kesehatan dengan aktif, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Workshop Assessement dan Sosialisasi Sistem Registrasi Sipil dan Statistik Vital Tahun 2015 yang berlangsung di Aula Theme Park Pantai Cermin, Selasa (19/5).

Sosialisasi yang diikuti seratusan peserta dari berbagai unsur yaitu Camat, perwakilan Direktur Pelayanan Medis Rumah Sakit Swasta se-Sergai, Kepala Puskesmas, Perwakilan Disdukcapil, BPS, Kepala Desa dan perwakilan dokter umum RSUD itu dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si.

Turut hadir Perwakilan dari Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Litbang Kesehatan Kementrian Kesehatan RI dr. Yuslely Usman M.Kes, Dr. Ingan Ukur Tarigan, dan dr. Retno Widyastuti yang juga selaku narasumber, Perwakilan Dinas Kesehatan Provsu Laura Ance Sinaga, SKM, Kepala Dinas Kesehatan drg. Zaniyar, M.AP, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. Ahmad Zaki, M.AP, Dirut RSUD Sultan Sulaiman dr. Helminur Iskandar Sinaga.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M..Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Litbang Kesehatan Kementrian Kesehatan RI yang telah mempercayakan Kabupaten Sergai sebagai salah satu pilot project Kabupaten/Kota seluruh Indonesia bersama Kabupaten Banyuwangi untuk melaksanakan implementasi Registrasi Sipil dan Vital Statistik yang tepat waktu dan terpercaya ini.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa pada umumnya negara-negara di dunia, statistik kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian dan kematian janin tersebut telah teregistrasi dalam sistem registrasi sipil pemerintahan melalui pencatatan resmi dalam setiap kejadian. Statistik vital digunakan sebagai dasar demographi dan pengukuran epidemiologi (ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit) yang dibutuhkan untuk perencanaan berbagai program seperti pendidikan, tenaga kerja dan kesehatan yang dijadikan dasar dari sistem informasi kesehatan negara.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman berharap dengan diadakannya kegiatan workshop dan sosialisasi ini akan didapatkan model implementasi Sistem Registrasi Sipil dan Statistik Vital sebagai implementasi dari Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 dan perubahaan No. 24 Tahun 2013 sehingga Kabupaten Sergai dapat memiliki data yang akurat terkait dengan kependudukan sehingga dapat diperoleh gambaran yang riil sebagai dasar perencanaan pembangunan kedepan, pungkas Bupati.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Sergai drg. Zaniyar, M.AP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mensosialisasikan dan melakukan penilaian secara cepat sistem registrasi sipil dan statistik vital tingkat kabupaten dan kecamatan serta membuat mendapatkan strategi implementasinya.

Sosialisasi yang berlangsung 4 (empat) hari mulai tanggal 22-24 Mei 2015 itu diisi dengan penyampaian materi dari Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Litbang Kesehatan Kementrian Kesehatan RI diantaranya dr. Yuslely Usman, M.Kes, Dr. Ingan Ukur Tarigan dan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Sergai Drs. Ahmad Zaki, M.AP.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...