Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Sergai Bersama Polres Gelar Rakor Siapkan Keamanan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Pemkab Sergai Bersama Polres Gelar Rakor Siapkan Keamanan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Sergai | suarasumut.com  –  Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 H mendatang, tentunya perlu mendapatkan perhatian yang sangat serius baik dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) maupun dari pihak Kepolisian serta instansi terkait. Kesemuanya ini diperlukan kerjasama demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif pada perayaan Lebaran tahun 2016.

Hal ini dikemukakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops. Ramadniya Toba Tahun 2016 dalam rangka persiapan keamanan bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1437 H diwilayah hukum (Wilkum) Kabupaten Sergai, bertempat di aula Patria Tama Makopolres Sergai Sei Rampah, Senin (20/6).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Kapolres Sergai AKBP Eko Suprianto, SH, SIK, MH dan jajarannya, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Muspika Kecamatan, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, para Kapolsek se-Sergai, mewakili Kajari, Jasa Raharja, Kemenag, Kadis Kesehatan Drg. Zaniyar, M.AP, Kepala Pelaksana BPBD Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.SP, Kadis Bina Marga Drs. Darwin Sitepu, mewakili Kasatpol P

Segala permasalahan yang harus dibenahi menjelang lebaran adalah terkait dengan keamanan, terutama keamanan pengguna jalan raya. Oleh karenanya Wabup Sergai menghimbau jajaran Dinas Perhubungan untuk menempatkan satu orang petugas penjaga perlintasan rel kereta api yang tidak ada palangnya agar memberikan pengamanan sehingga kecelakaan di jalur kereta api dapat diminimalisir.

Sedangkan masalah jalan raya, instansi terkait seperti Bina Marga diharapkan mengecek kondisi jalan Kabupaten yang sering dijadikan sebagai jalan alternatif. Disamping itu juga agar tidak membuat gundukan (polisi tidur) terlalu tinggi supaya tidak membahayakan pengguna jalan. Jika terjadi kemacetan yang terlalu parah agar kiranya membuat pengalihan jalan seperti kendaraan yang melintas dari arah Medan bisa langsung menuju ke jalan Negara. Sedangkan yang dari arah Tebingtinggi agar dialihkan ke arah jalan Kecamatan Dolok Masihul menuju Lubuk Pakam.

Dan yang terakhir, lanjut Wabup Darma Wijaya terkait masalah PLN. Belakangan ini sering terjadi kebakaran. Banyak masyarakat yang kurang memahami tata cara pemasangan kabel listrik sehingga sering terjadi korsleting. Untuk itu diharapkan instansi PLN agar menggelar sosialisasi bagi masyarakat tentang pemasangan kabel listrik dengan baik. “Oleh karenanya saya berharap kepada seluruh stakeholder bersatu, bersinergi untuk menjaga stabilitas keamanan Kabupaten yang kita cintai ini,”pungkas Wabup Sergai.

Sebelumnya rapat koordinasi yang dibuka oleh Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH dalam sambutannya mengemukakan bahwa Ops. Ramadniya ini bertujuan untuk memberikan pengamanan pada perayaan Lebaran nanti. Rencananya akan dilaksanakan pada awal Juli hingga H+7 lebaran. Keamanan lalu lintas menitikberatkan dibeberapa tempat yang rawan macet seperti Kota Perbaungan, Pasar Bengkel, Pasar Sei Rampah dan Desa Pon. Untuk itu sebanyak 2/3 dari kekuatan personil akan dikerahkan dan difokuskan pada tempat tersebut hingga lalu lintas dapat berjalan aman. Sasaran dari kegiatan ini adalah selain untuk kelancaran lalu lintas juga untuk menekan gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama Idul Fitri.

Kapolres Sergai juga berharap agar para stakeholder bisa saling mendukung pengamanan di bulan suci Ramadhan ini, hingga masyarakat dapat dengan khusyuk menjalankan ibadahnya. Selain itu juga bantuan personil maupun sarana dan prasarana lainnya. “Dengan bantuan ini diharapkan pengamanan Ops. Ramadniya Toba Sergai Tahun 2016 dapat berjalan dengan lancar dan sukses,”ujar Kapolres Sergai.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...