Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Nias Latih Aparat Desa Susun Produk Hukum Desa Dan APBDesa

Pemkab Nias Latih Aparat Desa Susun Produk Hukum Desa Dan APBDesa

Nias, suarassumut.com — Pemerintah Kabupaten Nias akan melakukan penyusunan Produk Hukum Desa dan APBdesa. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Nias melakukan pelatihan penyusunan produk Hukum Desa dan penyusunan APBDesa kepada seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa Se-Kepulauan Nias 17-18 Maret 2015.

Pelatihan dibagi tiga rayon, dimana rayon I yang meliputi Kecamatan Gido, Sogaeadu, Ma’u dan Somolo-molo dilaksanakan, Selasa (17-18/3) di balai pertemuan Kecamatan Gido. Kegiatan ini merupakan kegiatan dari Badan pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Nias.

Pada acara pembukaan pelatihan, Sekda Kabupaten Nias Drs.F Yanus Larosa,M.Ap mewakili BupatiNias mengatakan, desa dan otonomi desa yang merupakan otonomi asli sejak dulu sudah menjadi bahan pemikiran di kalangan akademisi maupun praktisi pemerintahan.

Karena otonomi asli yang melekat pada desa identik dengan kesatuan masyarakat hukum yang berhak dan berwenang untuk mengatur serta mengurus rumah tangganya sendiri,. namun, berbagai regulasi atau peraturan maupun program yang ada selama ini masih belum mampu menciptakan desa yang sungguh-sungguh mandiri.

Upaya pemerintah untuk membangun desa yang mandiri tidak pernah berhenti dari waktu ke waktu, dan hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan berbagai program pemerintah maupun penerbitan regulasi baru yang ditujukan khusus untuk penataan desa, baik dari segi organisasi, keuangan dan pembangunan desa.

Berbagai faktor diakui menjadi kendala, baik teknis maupun non teknis, dimana salah satu faktor paling dominan saat ini adalah masalah kualitas sumber daya manusia yang ada, . seperti sumber daya manusia yang merupakan elemen paling penting dalam menggerakkan suatu sistem, atau dengan kata lain bahwa tanpa sumber daya manusia yang berkualitas maka sistem sehebat apapun tidak akan bekerja.

Pemberlakuan undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari apbn, permendagri nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa, dan permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa secara tegas menuntut peran aktif dan kemampuan dari aparat desa dalam pengaturan dan pengelolaan desa.

Sebagai konsekuensi dari pendelegasian kewenangan dari pemerintah kepada desa, merupakan terobosan yang positif jika dibarengi dengan kualitas sdm aparat desa yang mumpuni.

Hal tersebut juga bisa menjadi polemik tatkala desa masih tetap memiliki ketergantungan yang besar kepada pemerintah daerah seperti tahun-tahun sebelumnya. Dia mengakui, ketergantungan desa kepada pemerintah daerah hal wajar jika terbatas pada hal-hal prinsipil, tetapi menjadi tidak wajar apabila terjadi secara terus menerus dan berkesinambungan.

Jika dibiarkan, kemandirian desa yang kita harapkan bersama tidak akan pernah tercapai sampai kapanpun juga. Maka pemerintah daerah terus berupaya untuk memacu terciptanya desa yang mandiri di kabupaten nias melalui peningkatan kapasitas aparat pemerintahan desa, dimana upaya yang dilakukan salah satu adalah memberikan pelatihan tenis bagi aparat desa seperti yang akan dilaksanakan.

Tidaklupa sekda berpesan agar peserta pelatihan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna menimba ilmu dan meningkatkan kemampuan dalam penyusunan produk hukum desa dan apbdes, supaya kemudian hari segala pengorbanan yang dilakukan tidak sia-sia begitu saja.

Kepada Ketua dan segenap personil tim pelaksana pelatihan teknis penyusunan produk hukum desa dan apbdes bagi kepala desa dan sekretaris desa se-kabupaten nias, Sekda berharap agar kegiatan dilaksanakan secara berkesinambungan dan ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya demi tercapainya cita-cita kita bersama yakni desa yang mandiri di Kabupaten Nias.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...