Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Nias Gelar Orientasi Tugas CPNS

Pemkab Nias Gelar Orientasi Tugas CPNS

Nias, suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nias menggelar orientasi pengenalan tugas-tugas cpns kepada sejumlah CPNS yang lulus pada penerimaan CPNS dari tenaga honorer kategori II di Kabupaten Nias Formasi 2013 dan 2014.

Acara orientasi yang dihadiri Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, digelar di Aula Kantor Bupati Nias, Jum’at (13/2).

Pada acara orientasi, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan, dia percaya bahwa para CPNS yang mengikuti orientasi terpilih melalui mekanisme rekrutmen yang jujur dan transparan untuk menjadi seorang abdi negara dan pelayan masyarakat.

Sehingga, dia berharap para CPNS yang lulus kategori II dapat memaknai hal tersebut sebagai awal  sebuah kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai pelayan masyarakat.

Menuurt Bupati Nias, reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, baik menyangkut aspek kelembagaan atau organisasi, ketatalaksanaan maupun sumber daya aparatur.

Upaya tersebut tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan PNS yang merupakan unsur penting dalam menggerakkan roda organisasi pemerintahan dan menentukan arah penyelenggaraan pemerintahan.

“ Baik buruknya kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, sangat tergantung pada kualitas pns baik di pusat maupun di daerah. Karena itu, pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap upaya-upaya peningkatan kualitas kerja pns sebagai bagian dari semangat reformasi birokrasi”, ujar Sokhiatulo Laoli.

Pembenahan terhadap aturan-aturan kepegawaian, yang diawali dengan penerbitan UU nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, sebagai pengganti dari UU nomor 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian.

Dalam kebijakan Manajemen Kepegawaian, sejak dini seorang PNS dibekali dengan wawasan serta kompetensi yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, salah satunya melalui mekanisme pendidikan dan pelatihan aparatur, termasuk kegiatan orientasi yang dilaksanakan.

Kepala BKD Kabupaten Nias Maimun Zebua, BA dalam laporannya memberithau jika kegiatan yang digelar adalagh penyerahan SK Bupati Nias tentang pengangkatan CPNS dari tenaga honorer kategori II formasi 2013/2014, serta formasi CPNS khusus dokter.

Acara tersebut juga sekaligus pembukaan orientasi pengenalan tugas tugas CPNS di lingkup pemerintah Kabupaten Nias tahun anggaran 2015, yang tujuannya supaya para CPNS memiliki wawasan dan pengetahuan tentang tugas, fungsi serta hak dan kewajiban sebagai aparatur negara.

Serta memahami arah kebijakan pemerintahan dan pembangunan daerah, melatih disiplin dan tanggungjawab sekaligus menumbuhkembangkan rasa dan semangat kebangsaan, untuk dijadikan modal awal sebelum melaksanakan tugas yang sesungguhnya pada unit kerja masing-masing.

Orientasi CPNS di Pemkab Nias sesuai laporan Kepala BKD Kabupaten Niasd diikuti 243 CPND, diantaranya CPNS dari tenaga honorer kategori II tahun 2013 sebanyak 119 dan tahun 2014 119, serta 5 orang formasi dokter khusus.(sw/ss/ni)

Kata kunci terkait:
tugas cpns

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...