Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pemkab Nias Gandeng Bapertarum Sediakan Rumah Untuk PNS

Pemkab Nias Gandeng Bapertarum Sediakan Rumah Untuk PNS

NIAS, suarasumut.com — Pemerintah Kabupaten Nias melakukan kerjasama dengan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) untuk menyediakan perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Nias. Sebanyak 943 orang PNS di Kabupaten Nias masih belum memiliki rumah hingga tahun 2013.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM pada acara sosialisasi program Bapertarum-Pns yang digelar di kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli, akhir Januari 2015 yang lalu.

Pada sambutannya, Bupati Nias berharap sosialisasi yang digelar dapat memberi informasi tentang kemudahan memiliki rumah bagi PNS yang belum memiliki rumah, maupun berbagai fasilitas yang disediakan Bapertarum.

Tujuan pembangunan perumahan untuk PNS Kabupaten Nias menurut Sokhiatulo adalah demi memenuhi kebutuhan dasar rumah, sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia bagi peningkatan dan pemerataan kesejahteraan, khususnya PNS, serta upaya meningkatkan kinerja sebagai abdi negara. Juga sebagai hak dasar yang fundamental dan sekaligus menjadi prasyarat bagi setiap orang untuk hidup dan menikmati kehidupan yang layak, damai, aman, dan nyaman.

Dia mengingatkan, keberhasilan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman sangat tergantung pada kualitas kerjasama, koordinasi dan sinergitas seluruh stakeholders baik di pusat maupun di daerah. Maka, melalui dewan pengurus Korpri Kabupaten Nias, Pemkab Nias memfasilitasi dan menggandeng Bapertarum-PNS untuk menyediakan fasilitas perumahan yang murah dan terjangkau bagi pns.

Tidak lupa dia mengungkapkan, sosialisasi tersbeut juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Nias tentang persyaratan umum permohonan tambahan uang muka (BUM) atau bantuan sebagai membangun (BM) melalui Bapertarum.

Bantuan pembangunan perumahan lebih diutamakan kepada PNS yang belum memiliki rumah, dan untuk tahap pertama akan dibangun sebanyak 148 unit di Desa Sogaeadu, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias. Tahap selanjutnya direncanakan dibangun di Desa Sisarahili Sogaeadu, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias.

Menurut Bupati Nias, jumlah PNS yang mengajukan permohonan untuk memperoleh perumahan pada tahun 2013 ada sebanyak 1.435 PNS, diantaranya, sebanyak 943 PNS belum memiliki rumah.

Untuk itu, dia menghimbau PNS atau masyarakat di wilayah Kabupaten Nias yang memiliki lahan kosong untuk berpartisipasi menghibahkan tanahnya sebagai lokasi pembangunan perumahan PNS di Kabupaten Nias.

Hal tersbeut dia utarakan, karena jumlah rumah yang akan dibangun sangat tergantung terhadap luas tanah yang dihibahkan, maka untuk menentukan PNS penerima rumah tahap awal, Pemkab Nias mempercayakan kepada tim seleksi calon penerima rumah murah PNS yang telah dibentuk tahun 2014 yang lalu.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan pengurus KORPRI Kabupaten Nias O’ozatulo Ndraha, BE,ST,M.AP berharap PNS mengikuti sosialisasi tersebut, supaya tidak ada perbedaan persepsi tentang pemberian bantuan uang muka membangun dan bantuan membangun.

Dia memberitahu, dewan pengurus korpri telah menerima tanah hibah dari masyarakat untuk tempat pembangunan perumahan pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah Kabupaten Nias, yakni di Desa Sogaeadu, Kabupaten Nias dengan luas tanah kurang lebih 3 hektar, dan di Desa Sisarahili, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias dengan luas tanah kurang lebih 5 ha.

Pembangunan perumahan PNS tahap pertama difokuskan di lokasi Desa Sogaeadu dengan jumlah rumah yang akan dibangun berjumlah 148 unit rumah, dan tim seleksi calon penerima rumah pns yang telah dibentuk pada tahun 2014 masih melaksanakan seleksi bagi calon PNS yang telah mengajukan permohonan untuk memperoleh rumah tersebut.

Pada acara sosialisasi juga dihadiri Wakil Bupati Nias, Dirut Bapertarum Bapak Heru Sulistiawan dan Rombongan, Pimpinan Perumnas, Kepala Bank Sumut Cabang Gunungsitoli, Kepala BTN Gunungsitoli, Staf Ahli, Asisten Sekda Kabupaten Nias Kepala SKPD Lingkup Pemkab Nias, Camat Se-Kabupaten Nias dan Kabag Lingkup Pemkab Nias.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...