Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Pemkab Nias Dukung Program Penanggulangan TB

Pemkab Nias Dukung Program Penanggulangan TB

Nias | suarasumut.com  –  Membuktikan dukungannya dalam program penanggulangan penyakit Tuberkulosis (TB) di Kabupaten Nias, Pemerintah Kabupaten Nias membuat komitmen bersama.

Komitmen bersama Pemkab Nias dengan MAP Internasional ditandatangani pada rapat koordinasi dan advokasi TB berbasis masyarakat di lantai III, kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli, Selasa (20/3).

Dalam rapat yang dihadiri perwakilan yayasan MAP Internasional Country Director Elvi Solita Siahaan, Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM mengucapkan terima kasih kepada Field Manager Program MAP Internasional dan segenap jajaran yang telah menjalankan program penanganan TB berbasis masyarakat di Kabupaten Nias.

Terutama dalam menemukan kasus kasus yang selama ini belum terdeteksi dan memastikan pengobatan TB sampai sembuh untuk mencegah penularan kepada orang lain.

Menurut dia, kegiatan MAP Internasional selama satu tahun di Kabupaten Nias memberikan dampak yang cukup bermakna dalam penemuan kasus TB yang selama ini belum terdeteksi.

Maka Pemkab Nias sangat mendukung serta berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan. Bahkan dia mengakui jika MAP Internasional telah memberikan terobosan yang sangat baik dalam menangani masalah kesehatan masyarakat.

Map Internasional telah melibatkan masyarakat, sehingga terbukti jika peranan masyartakat dalam penanaganan TB sangat penting.

Kepala Dinas Kesehatan Martin L Harefa, S.Km ditempat yang sama memberitahu kegiatan MAP Internasional yang telah dilakukan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, diantaranya melakukan pelatihan kepada kader TB di Kecamatan Hiliduho, Hiliserangkai, Gido dan Idanogawo.

Melakukan pelatihan Mikroskopis di Puskesmas Hiliduho, Botombawo, Idanogawo dan Ehosakhozi, melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan TB dan sosialisasi TB anak di 12 Puskesmas, melaksanakan seminar program TB Paru ditingkat SMA, melakukan penyuluhan dan penjaringan kasus TB di desa dan berbagai kegiatan lainnya.

Sedangkan isi komitmen bersama salah satunya adalah memberdayakan masyarakat dan menginformasikan serta memengaruhi agar berperan aktif dalam rangka penemuan kasus dan pencegahan penularan TB, serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat demi terwujudnya warga peduli TB.(al/ss-ni)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.