Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Labura Laksanakan Rapat Kordinasi, Sosialisasi UU Pemilukada & UU Desa

Pemkab Labura Laksanakan Rapat Kordinasi, Sosialisasi UU Pemilukada & UU Desa

Labura, suarasumut.com – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara mengadakan kegiatan rapat koordinasi Pemerintah dengan tema kegiatan sosialisasi Undang-undang Pemilukada dan Undang-undang desa, rapat yang dihadiri seluruh pimpinan SKPD dan kepala desa se Kabupaten Labuhanbatu Utara dilaksanakan di Aula Fajar Dolpa di Kecamatan NA IX X, Jumat (6/3).

Rapat Koordinasi pemerintah ini dihadiri langsung Bupati Labuhanbatu utara H. Kharuddin Syah, SE dan Ketua DPRD Drs. H. Ali Tambunan dengan narasumber Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamaru Zaman, M.sc, MM.

Dalam sambutannya H. Kharuddin Syah, SE mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi II DPR RI yang telah berkenan hadir pada acara Rapat Koordinasi pemerintah di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

H. Kharuddin Syah, SE berharap dengan adanya Rapat Koordinasi ini seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dapat lebih memahami dan mengaplikasikan Undang-undang pemilukada serta Undang-undang desa “Pak Rambe ini ketua komisi II DPR RI, kedua Undang-undang yang akan kita bahas nanti merupakan produk dari DPR RI dan pak Rambe turut langsung dalam mengkonsep undang-undang tersebut jadi mari kita manfaatkan rapat ini untuk menambah wawasan agar nantinya kita tidak salah melaksanakan Undang-undang tersebut, jangan takut bertanya karena Pak Rambe ini orang Labuhanbatu Utara, tutur H. Kharuddin Syah, SE.

Sementara itu sebelum melaksanakan pemaparan Rambe Kamaru Zaman mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara yang telah mendukung beliau pada pemilihan legislatif tahun 2014, jika tanpa dukungan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara belum tentu saya dapat duduk disini sebagai ketua Komisi II DPR RI.

Dalam pemaparannya Rambe Kamaru Zaman menjelaskan bahwa Undang-undang pemilukada yang dalam waktu dekat akan di keluarkan akan mengatur tata cara pemilihan kepala daerah mulai dari Gubernur sampai dengan Bupati/walikota.

Pemilukada atau yang biasa disebut Pilkada akan di lakukan secara serentak dengan 3 gelombang, gelombang pertama pada desember 2015, gelombang kedua februari 2017 dan gelombang ketiga pada tahun 2018. Setiap Calon kepala daerah harus di dukung minimal 20 % dari jumlah kursi di DPRD dan jika ingin mencalon dari jalur independen harus mengkantongi dukungan 6,5% dari jumlah penduduk dalam bentuk KTP.

Untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara akan melaksanakan Pilkada pada bulan Desember 2015 bersamaan dengan 22 Kabupaten dan Kota di Propinsi Sumatera Utara.

Rambe Kamaru Zaman juga menjelaskan tentang Undang-undang desa yang akan mengatur tentang pengelolaan keuangan desa, insya allah pada bulan april i tahun ini dana transfer pemerintah pusat ke seluruh desa akan di keluarkan, saya berpesan kepada seluruh kepala desa agar mempelajari dan melaksanakan keuangan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku saya tidak ingin ada kepala desa yang terjerat hukum karena salah mengelola dana tersebut tegas Rambe Kamaru Zaman.

Kegiatan Rapat koordinasi ini berjalan dengan tertib, pada saat tanya jawab beberapa kepala desa menanyakan tentang jumlah dana transfer yang akan diterima.(cc/ss/lu)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...