Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pemkab Labuhanbatu Gelar Bimtek Wartawan, Ketua PWI Sumut Jadi Narasumber

Pemkab Labuhanbatu Gelar Bimtek Wartawan, Ketua PWI Sumut Jadi Narasumber

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Wartawan atau jurnalis itu tugasnya adalah memberikan informasi kepada masyarakat yang terukur, kalau kita lihat sekarang cenderung bahwa informasi kita ini adalah informasi peristiwa tidak berita, kalau berita itu biasanya di jaman pak Harto, kalau sekarang orang digigit anjing itu berita, sebenarnya itulah peristiwa, tetapi kalau ada yang baik yang merupakan berita itu tidak diberitakan.

Demikian di katakan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD, Kamis (13/11) dalam pidatonya saat membuka kegiatan Bimtek Jurnalistik Bagi Jurnalis dan Insan Pers yang bertugas di Kabupaten Labuhanbatu yang digelar di Aula BKD Labuhanbatu.

Pengagum Alm Rosihan Anwar itu mengungkapkan, pada jaman pak Harto mengkritik itu tidak boleh, di jaman sekarang apa yang tak boleh dikritik, tapi kita mengkritik sebagai wartawan atau jurnalis punya koridor-koridor yang kita pahami dan kita akui bersama, maka perlu bimbingan teknis ini dilaksanakan, karena ini bukan bidang saya sebagai Bupati, tapi ini urusan saya, karena urusan Bupati mulai orang sebelum lahir sampai mati, lima tahun itu dipundak saya sampai tanggal 19 Agustus 2015.

“Ada selentingan, orang bilang Tigor tidak baik dengan rekan-rekan wartawan, itu semua tidak betul, karena banyak wartawan di daerah ini yang saya kenal, terus terang saya kan tidak mengurus ini saja, tetapi saya siapkan, karena wartawan ini kan profesi, dokter juga profesi, kalau profesi itu tidak dikembangkan atau tidak didik secara berkelanjutan maka tidak akan berkembang, makanya pada hari ini dilaksanakan bimbingan teknis bagaimana sebenarnya kewartawanan itu”, kata Tigor.

Menurut Tigor, kegiatan Bimtek Jurnalistik ini merupakan wujud bahwa para wartawan atau jurnalis adalah mitra Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam mewujudkan visi misi yang telah ditetapkan, untuk itu melalui bimtek ini juga diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme para wartawan atau jurnalis, agar dalam aktivitas sehari-hari sebagai pengemban tugas mulia selalu berjalan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku yaitu undang-undang nomor 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik
sebagai acuan dalam menjalankan profesinya.

Sementara, Kabag Humas Infokom Setdakab Labuhanbatu Drs. Sugeng dalam laporannya menerangkan, bahwa peserta bimtek ini adalah para wartawan atau jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 60 orang, dalam bimtek ini sebagai narasumber adalah Ketua PWI Sumatera Utara, Muhammad Syahrir dan Kadri Rasyid yang merupakan praktisi jurnalistik Sumatera Utara dari Harian Sindo.

Kata Sugeng, maksud dan tujuan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para wartawan atau jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan masyarakat, juga mampu menjadi social control bagi Pemkab Labuhanbatu dalam melaksanakan tupoksinya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Acara pembukaan bimtek ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD disaksikan para narasumber dan Plt. Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap, SH serta Kabag Humas Infokom Drs. Sugeng.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Meski Belum Tutup, Gudang CPO Di Labuhanbatu Kini Gunakan Gerbang Pagar, Diduga Untuk Kelabui Petugas

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Setelah diberitakan Seputar penampungan CPO yang beroprasi di Bulu Cina, Kecamatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *