Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Pemkab Bekasi Lakukan Studi Banding Penanganan Bencana di Sergai

Pemkab Bekasi Lakukan Studi Banding Penanganan Bencana di Sergai

Sei Rampah, suarasumut.com – Merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) atas kunjungan dari rombongan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk bersilaturahmi sekaligus studi banding yang dipimpin oleh Sekdakab Bekasi Drs. H. Muhyidin, MM, MBA, didampingi jajaran birokrasi antara lain Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kaban BPD dan staf disambut hangat oleh Bupati Sergai yang diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si di aula Sultan Serdang Kompleks kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (24/04).

Dalam pertemuan tersebut memaparkan maksud dan tujuan studi banding yang dilaksanakan oleh Pemkab Bekasi diutarakan oleh Sekdakab Pemkab Bekasi Drs.H. Muhyidin, MM,.MBA selaku ketua rombongan, karena ingin belajar dalam hal penanganan bencana dari Pemkab Sergai terkait dengan beberapa masalah yang sering dihadapi. Disamping itu juga sebagai bahan kajian untuk menentukan secara sistematis dalam membantu penanganan serta meminimalisasi resiko bencana yang kemungkinan terjadi di Kabupaten Bekasi.

Dipaparkan Muhyidin, tentang pembentukan Kabupaten Bekasi yang diakui kelahirannya sejak 15 Agusutus 1950 memiliki luas wilayah 1.224,88 km2 atau hampir sama dengan luas Sergai. Dari segi administrasi pemerintahan, Kabupaten Bekasi terdiri dari delapan kecamatan dengan jumlah penduduk hampir sekitar 32 juta jiwa dengan 5 Kecamatan, 23 Kelurahan dan 182 Desa serta berbagai etnis suku bangsa yang mendiami wilayah Kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut diuraikan Muhyidin bahwa Kabupaten Bekasi yang merupakan bagian wilayah Metropolitan Jabodetabek dari waktu ke waktu mengalami perkembangan ekonomi dan jasa yang sangat pesat, secara geografis Kabupaten Bekasi berdekatan dengan Kabupaten Bogor dan Ibukota DKI Jakarta. Namun demikian dari posisi letak kawasan daerah Kabupaten Bekasi merupakan daerah dataran rendah senantiasa mendapat banjir kiriman bogor yang dialami setiap tahunnya sehingga kondisi ini mempengaruhi roda pemerintahan Kabupaten
Bekasi.

Menyikapi hal tersebut Pemkab Bekasi khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi menyampaikan alasan lain dari studi banding di Kabupaten Sergai ini dipandang menjadi daerah yang memiliki program dan kebijakan terkait menangani korban akibat bencana alam secara terarah dan terkoordinasi baik antar instansi terkait telah terlaksana dengan baik.

Melalui studi banding ini rombongan jajaran Pemkab Bekasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat berharap untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman, sekaligus wawasan dalam hal Tata Kelola Pemerintahan serta bagaimana melakukan penanganan yang jelas dan terukur jika terjadi bencana alam. Selain itu diungkapkan Muhyidin bahwa Pemkab Sergai juga dinilai sukses dalam menangani bencana.

Sementara itu Sekdakab Sergai H. Haris Fadillah didampingi Asisten Ekbangsos Drs. H. Hadi Winarno, MM, Kepala BPBD Sergai Nina Deliana H, S.Sos serta turut dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Sergai dan petugas pelaksana teknis penanggulangan bencana, dalam kesempatan itu menjelaskan kehadiran rombongan pejabat pemerintahan kedua daerah merupakan menjadi suatu kebanggaan dan motivasi bagi Sergai untuk berbuat lebih baik lagi kedepan.

Diterangkan Haris Fadillah bahwa menurut data Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) bahwa Kabupaten Sergai merupakan salah satu kawasan lintasan angin puting beliung dan sejak terbentuknya BPBD Sergai pada tahun 2010 lalu sudah melakukan beberapa tindakan penanganan bencana alam, khususnya banjir.

Salah satu faktor BPBD Sergai dapat bertindak cepat tidak terlepas dari ketersediaan sarana dan prasarana serta kemampuan seluruh elemen terkait untuk memberikan bantuan korban bencana tersebut yang nantinya dapat mengurangi beban atau penderitaan dari masyarakat yang mengalami musibah bencana, ungkap Sekdakab Haris fadillah.

Haris Fadillah berharap hasil study banding dan diskusi antar jajaran pemerintahan yang berkunjung ke Sergai ini dapat dijadikan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di masing-masing daerah terutama mengenai penanganan bencana. (ril/pu/ss/sbg)

Kata kunci terkait:
studi banding kebencanaan

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...