Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Pembangunan Di Kota Gunungsitoli Sangat Butuh Dokumen Perencanaan

Pembangunan Di Kota Gunungsitoli Sangat Butuh Dokumen Perencanaan

Gunungsitoli | suarasumut.com — Pembangunan daerah di Kota Gunungsitoli adalah bagian integral dari konstelasi pembangunan nasional. Maka, pembangunan di Kota Gunungsitoli sangat membutuhkan berbagai dokumen perencanaan pembangunan yang terintegrasi dengan dokumen perencanaan strategis lainnya, baik yang sifatnya dokumen perencanaan pada tataran makro maupun pada tataran sektoral.

Maka sejalan dengan amanat UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pada pasal 260 ayat (1), dinyatakan bahwa daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua saat membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Gunungsitoli tahun 2016 – 2021 di Aula Samaeri, lantai II, kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (2/8).

“Pembangunan sebagai upaya berkelanjutan, hakekatnya merupakan suatu proses yang membutuhkan tata rencana yang sistematis dalam mengarahkan perubahan positif sebagaimana tujuan pembangunan itu sendiri. Maka kebutuhan akan dokumen perencanaan pembangunan bagi setiap daerah merupakan kewajiban yang tidak dapat ditunda dan mendesak untuk dilaksanakan,” ujar Ir.Lakhomizaro Zebua.

Tidak lupa dia menjelaskan, orientasi perencanaan mengalami pergeseran makna, yang semula hanya sebagai bagian daripada proses administratif, secara substansial bergeser menjadi bagian pokok dan penting dari proses perumusan kebijakan. Sehingga, kebutuhan pembangunan daerah dipikirkan dan dirancang jauh sebelumnya.

Dia berharap agar pembangunan daerah merupakan salah satu prioritas dalam peningkatan kemajuan Kota Gunungsitoli. Termasuk dari segi kepariwisataan dengan melakukan pembenahan pembenahan jasa pelayanan yang dibutuhkan wisatawan dalam kunjungannya di Kepulauan Nias, dan Kota Gunungsitoli sebagai pintu gerbang sekaligus wajah Kepulauan Nias harus mempersiapkan diri dalam pembenahan dan pembangunan disegala lini.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Harefa, S.Pd.K menyambut baik penyelenggaraan Musrenbang RPJMD Kota Gunungsitoli. Musrenbang tersebut diharapkan dapat menciptakan suatu proses keselarasan, klarifikasi dan kesepakatan dalam perencanaan pelaksanaan RPJMD.

Tujuannya, supaya bisa mendapatkan butir-butir kebijakan pemerintah dalam rangka menciptakan upaya-upaya strategis yang disinergikan dalam pembangunan daerah Kota Gunungsitoli. Kepada para peserta, dia mengimbau agar berkontribusi positif.

Untuk diketahui, nara sumber pada Musrenbang RPJMD Kota Gunungsitoli tahun 2016–2021 adalah Dr. Edison Hulu, ME, Dr. Ir. Riadil Akhir Lubis, M.Si dan Dr. Sadieli Telaumbanua, M.Pd.

Yang dibahas diantaranya adalah tantangan dan peluang perekonomian terhadap peningkatan daya saing perekonomian Kota Gunungsitoli yang maju dan berkeadilan. Strategi pengembangan wilayah melalui optimalisasi konektivitas jaringan infrastruktur strategis dan kewilayahan menuju Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing.

Serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengembangan layanan pendidikan yang bermutu secara merata menuju Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing.(sw/ss-gs)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...