Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› PELANGGARAN ADMINISTRASI DAN TEKNIS PELAKSANAAN PEMILU TERJADI DI KOTA GUNUNGSITOLI

PELANGGARAN ADMINISTRASI DAN TEKNIS PELAKSANAAN PEMILU TERJADI DI KOTA GUNUNGSITOLI

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com — Pelanggaran Adminitrasi dan Teknis pada pelaksanaan Pemilihan Umum di Kota Gunungsitoli menjadi temuan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli. Pelanggaran tersebut tidak dapat diberikan sanksi oleh Panwaslu, tetapi telah menindaklanjuti kepada KPU Kota Gunungsitoli untuk dievaluasi.

Ketua Panwaslu Kota Gunungsitoli Martinus Gea, SH yang ditemui suarasumut.com di Kantor Panwaslu Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Kamis ( 10/4 ), membenarkan jika Panwaslu hanya menemukan pelanggaran adminitrasi dan teknis pada pelaksanaan Pemilu di Kota Gunungsitoli.

Dia mengakui, pelanggaran yang terjadi seperti kelebihan dan kekurangan Surat Suara dibeberapa tempat pemungutan suara, KPPS mengijinkan pemilih buta huruf untuk dipandu saat pencoblosan dan pembukaan kertas suara yang tidak sesuai petunjuk teknis, dimana pada petunjuk teknis seharusnya yang pertama dibuka adalah kertas suara DPR-RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, tetapi yang dilakukan oleh beberapa KPPS adalah membuka terlebih dahulu kertas suara DPRD Kabupaten/Kota tidak dapat diberikan sanksi.

Tetapi untuk pelanggaran adminitrasi dan teknis tersebut, Martinus memberitahu jika Panwaslu hanya memberikan rekomendasi kepada KPU untuk mengambil inisiatif terhadap pelanggaran tersebut, dimana semua kesalahan harus dibenahi dan KPU tidak lagi menggunakan KPPS yang melakukan kesalahan teknis.
Disinggung mengenai politik uang, Martinus mengatakan jika hinga saat ini Panwaslu belum ada mendapat laporan resmi dari masyarakat. Namun dia mengakui, Panwaslu banyak dihubungi dan diberikan informasi oleh masyarakat terkait pelanggaran pemilu dan money politik, tetapi saat ditindaklanjuti kelapangan, Panwaslu tidak menemukan.( sp/ss/gs )

Lihat Juga

Polres Nias Tangkap Dua Begal

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Tim Sat Reskrim Polres Nias tangkap dua begal berinisal YL alias ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *