Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Paripurna Alat Kelengkapan DPRD Dihujani Interupsi, Demokrat Ajukan Pindah Fraksi

Paripurna Alat Kelengkapan DPRD Dihujani Interupsi, Demokrat Ajukan Pindah Fraksi

Kotapinang | suarasumut.com  –  Paripurna alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan tak terkendali diwarnai ketegangan dalam menyampaikan usulan pada rapat yang digelar, Rabu (27/01) sejak pukul 10.00 wib berlangsung alot.

Pasalnya, salah seorang anggota DPRD dari partai Demokrat Ferry Andika Dalimunthe, mengajukan permohonan perpindahan keanggotaan dirinya dari Fraksi Gerindra ke Fraksi Bintang Persatuan Sejahtera (BPS).

Seperti diketahui, Ferry Andika Dalimunthe dan Hary Maryono merupakan politisi Partai Demokrat Labuhanbatu Selatan yang lolos menjadi Legislator pada pemilu legislatif tahun 2014 lalu.

Namun permohonan tersebut tidak serta merta diakomodir oleh Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan H.Edimin yang saat itu bertindak selaku pimpinan sidang Paripurna dengan agenda penetapan komposisi alat kelengkapan dewan itu pun, terpaksa mengalami skorsing sampai beberapa kali.

Sebab, Ferry memiliki pemahaman lain terkait tata tertib sidang yang mengatur tentang perpindahan keanggotaan fraksi anggota legislatif di DPRD. Ferry berpendapat, sesuai PP nomor 16 tahun 2010 tentang tata cara pengaturan alat kelengkapan dewan, dirinya berhak mengajukan perpindahan tersebut, sepanjang tidak bertentangan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemegang amanah dari masyarakat.

Setelah melakukan konsultasi dengan biro Otonomi Daerah (Otda) Pemprovsu, Rapat Paripurna kembali digelar. Namun hujan interupsi kembali mewarnai perdebatan di dalam ruang sidang yang berukuran sederhana itu. Ferry memprotes susunan komposisi alat kelengkapan dewan periode 2016-2019 yang dibacakan oleh perwakilan Fraksi Gerindra.

Dia menilai, hak konstitusi partai Demokrat yang pada periode ini hanya diwakili oleh dua legislator sama sekali tak diakomodir oleh Partai Gerindra, yang mendapat keterwakilan 6 kursi di DPRD Labuhanbatu Selatan. (zr)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...