Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Parahnya Gedung MIS Al-Washliyah Pematang Cermai Perlu Perhatian Pemerintah
cof

Parahnya Gedung MIS Al-Washliyah Pematang Cermai Perlu Perhatian Pemerintah

Sergai | suarasumut.com  –  Sejak pemekaran Kabupaten Sedang Bedagai (Sergai) telah banyak pembangunan gedung sekolah menunjukkan kemajuan. Seperti harapan pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia, baik itu sekolah negeri mau pun sekolah swasta agama dapat bersama-sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tetapi dalam hal ini sangat diperlukan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai agar proses belajar dan mengajar di sekolah tersebut berjalan baik. Namun sangat disayangkan sekolah Madrasyah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Washliyah yang berada di Dusun I Desa Pematang Cermai, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdangbedagai yang berdiri sejak tahun 1990 dan mulai beroperasi sejak tahun 2010, kondisi gedungnya sudah sangat memprihatikan.

Selama lebih kurang 30 tahun gedung itu berdiri, kerusakan pada bagian atas gedung sangat parah, begitu juga bagian asbes (plafon) banyak yang rusak. Sampai berita ini diterbitkan sekolah tersebut belum ada tanda-tanda perbaikan dan perhatian serius dari pemerintah terutama dari Kemenag Serdangbedagai (Sergai) belum pernah ada bantuan perehapan.

Keterangan Kepala Sekolah MIS Al Washliyah Hamdani,S.Pd kepada suarasumut.com, Rabu (8/2) mengatakan, kerusakan terlihat cukup parah pada bagian atas gedung, banyaknya atap gedung tersebut lapuk dimakan usia. Apabila hal ini dibiarkan takut akan menimpa siswa pada saat jam pelajaran berlangsung.

Segala upaya sudah dilakukan baik itu permohonan proposal sudah diusul ke pemerintah daerah yaitu Kamenag Serdangbedagai, tetapi belum ada titik terangnya. Sementara ini bantuan yang diterima hanya infak dari masyarakat berupa pembelian meja dan kursi sekolah yang seadanya.

“Harapannya kepada Pemerintah dapat kiranya memperbaiki sekolah Madrasyah yang satu-satunya di Desa Pematang Cermai ini,”harap Hamdani,S.Pd

Pantauan suarasumut.com dilapangan, bahwa dari data siswa adanya peningkatan grafik jumlah siswa yang mendaftar ke sekolah tersebut. Pada tahun 2016 ada pertambahan peningkatan jumlah siswa sebanyak lebih kurang 20%. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat sekitar kepada MIS Al Washliyah Desa Pematrang Cermai untuk mendidik cukup meningkat.

Akan tetapi bagaimana hal tersebut dapat tercapai, karena hampir disetiap ruang kelas masih banyak kerusakan terutama gedung sekolah yang perlu diperbaiki. Untuk itu pemerintah daerah dapat kiranya memperhatikan sekolah Madrasyah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Washliyah yang berada di Desa Pematang Cermai tersebut. Sebab baik itu Sekolah Negeri mau pun Sekolah Swasta Agama adalah sarana utama yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan UUD 1945.(az/ss-sb)

Kata kunci terkait:
sekolah mis perlu bantuan di sumut

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...