Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Panwaslih Limpahkan Laporan Tim Makmur Ke Sentra Gakkumdu

Panwaslih Limpahkan Laporan Tim Makmur Ke Sentra Gakkumdu

Gunungsitoli | suarasumut.com — Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Gunungsitoli melimpahkan laporan Tim Pemenangan Drs.Martinus Lase, M.Sp dan Drs.Kemurnian Zebua, BE (Makmur) terkait dugaan pernyataan palsu calon Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si terkait piutang ke sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

Surat pelimpahakn kasus dugaan pelanggaran pemilu calon Wawako Gunungsitoli ke Polres Nias..Pelimpahan kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu ke sentra Gakkumdu, dilakukan setelah Panwaslih Kota Gunungsitoli melakukan kajian, dan menyimpulkan bahwa laporan ketua tim pemenangan Makmur terhadap pernyataan palsu Sowa’a Laoli terkait tidak memiliki utang yang diserahkan ke Pengadilan Niaga Medan merupakan tindak pidana pemilu.

Hal tersebut diungkapkan anggota Panwaslih Kota Gunungsitoli yang membidangi divisi pelanggaran Yamobaso Giawa, SH ketika dihubungi wartawan melalui telepon seluler kemarin.

“Kita sudah menggelar dua kali laporan ketua tim pemenangan Makmur atau Herman Jaya Harefa, S.PdK dengan sentra Gakkumdu. Sesuai SOP kita, kita kemudian melakukan kajian, dan menyimpulkan kasus tersebut merupakan pelanggaran tindak pidana pemilu dan layak dilimpahkan ke sentra Gakkumdu,” ungkap Yamobaso melalui telepon seluler.

Kasat Reskrim Polres Nias AKP.Selamat Kurniawan Harefa yang dihubungi wartawan melalui pesan singkat mengatakanjika dia sedang ada kegiatan dinas di Medan. Tetapi dia mengakui laporan tersebut telah dilimpahkan ke sentra Gakkumdu oleh Panwaslih Kota Gunungsitoli untuk ditentukan ada tidaknya tindak pidana pemilu dalam laporan tersebut.

“Saya masih ada kegiatan dinas di Medan, dan kasus yang dilaporkan tersebut sudah dilimpahkan ke sentra Gakkumdu, dalam hal ini di kantor Panwaslih Kota Gunungsitoli untuk ditentukan ada tidaknya tindak pidana pemilu atas laporan tersebut,” ujar Kasat Reskrim dalam pesan singkatnya.

Sesuai salinan surat Panwaslih Kota Gunungsitoli yang dilayangkan kepada Kapolres Nias tanggal 8 Februari 2016 dengan nomor 000/1536/PANWAS/05/II/2016 perihal penerusan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu, diketahui jika Panwaslih Kota Gunungsitoli telah melakukan pemeriksaan dokumen, saksi, kajian dan musyawarah ketua dan anggota Panwaslih Kota Gunungsitoli.

Maka kasus yang dilaporkan Herman Jaya Harefa, S.PdK nomor 09/LP/PANWAS/II/2016 tanggal 1 Februari 2016 bersama alat bukti, diteruskan kepada Kapolres Nias untuk ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...