Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› PANWAS TUTUP MATA, KAMPANYE PARTAI GOLKAR LANGGAR PERATURAN KPU

PANWAS TUTUP MATA, KAMPANYE PARTAI GOLKAR LANGGAR PERATURAN KPU

Panai Hilir, suarasumut.com – Larangan melibatan anak dalam kampanye telah melanggar peraturan komisi pemilihan umum ( PKPU ) nomor 1 dan 15, tentang pelaksanaan kampanye.

Pasalnya, dalam kampanye yang digelar Partai berlambang pohon beringin ini di lapangan Bola Kaki Sei berombang 28/3 telah melibatkan anak, ironisnya hal ini dilihat langsung oleh Ketua Panwas Kecamatan Panai Hilir Khoiruddin Daulay.

Akibatnya, kampanye yang digelar tersebut telah melanggar PKPU nomor 1 dan 15 tentang pelaksanaan kampanye.Logikanya kampanye adalah bertujuan untuk menyampaikan visi dan misi calon legislatif kepada calon pemilih. Padahal anak kan belum punya hak pilih, jadi ini melanggar, kata Arman salah seorang pemerhati Pemilu di Kecamatan Panai Hilir kepada realitas.

Selanjutnya dia menambahkan , sanksi bagi parpol yang masih melanggar ketentuan itu, terancam kegiatan kampanye yang akan dilakukannya dibubarkan, Khoiruddin mengatakan.
Menurut dia pelanggaran dengan mengikutsertakan anak-anak dalam kampanye termasuk dalam pelanggaran administratif, sehingga masih dapat ditangani oleh KPU.
Selain itu, menurutnya, simpatisan parpol juga tidak diperkenankan melakukan konvoi saat menuju lokasi kampanye terbuka.

“Arak-arakan tidak boleh dilakukan karena selain melanggar PKPU, kami juga memasrahkan penindakan konvoi kepada kepolisian lalu lintas sesuai Undang.-Undang ( UU ) lalu lintas,” katanya.
Namun, aneh nya ketika hal ini ditanyakan kepada ketua Panwas saat berada di lokasi Kampanye, malah menampik jika hal tersebut bukanlah pelanggaran.

“Kita belum dapat mengatakan kalau keterlibatan anak-anak ini merupakan pelanggaran, bisa saja anak itu datang sendiri ke lokasi kampanye,”kilah nya.
Dalam hal ini Arman meminta pihak Banwaslu segera memberikan sangsi tegas bagi Panwaslu yang ada di Kecamatan, yang dengan sengaja membiarkan pelanggaran terjadi dalam kegiatan Kampanye, sebab jika di diamkan maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.( ta/ss/ph )

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...