Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pangdam I/BB Panen Raya Bersama Bupati Nias

Pangdam I/BB Panen Raya Bersama Bupati Nias

Nias | suarasumut.com – Pangdam I Bukit Barisan Mayjend Lodewyk Pusung bersama istri melakukan panen raya padi sawah di Kabupaten Nias. Pada panen raya, pangdam I/BB didampingi Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM di sawah milik kelompok tani Amakhaita di Desa Hilina’a Tafuo, Kabupaten Nias, Rabu (2/12).

Pada cara panen bersama, Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM mengatakan, kehadiran Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung merupakan penghargaan bagi warga Kabupaten Nias.

Warga Nias sangat bangga, karena Pangdam I/BB langsung hadir untuk melakukan panen raya di sawah kelompok Tani Amakhaita, Desa Hiliana’a Tafuo, Kecamatan Idano Gawo, Kabupaten Nias.

Bupati Nias juga memaparkan, pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pertanian Kabupaten Nias telah melakukan berbagai upaya untuk membantu dan mendorong masyarakat Kabupaten Nias khususnya petani sawah berusaha secara modern. Pemkab Nias telah menerapkan teknologi yang salah satunya adalah pengembangan intensifikasi tanaman padi sawah dengan menggunakan benih varietas unggul yaitu Varietas Meikongga.

Menurut dia, panen raya yang di laksanakan hari ini oleh kelompok tani Amakhaita merupakan hasil benih varietas unggul yang ditanam di atas lahan sawah seluas 20 Ha. Dia berharap, hal tersebut menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Nias lainnya untuk berusaha lebih giat dalam mengembangkan areal persawahan yang telah lama ditinggal dengan menggunakan bibit bibit unggul.

Tidak lupa Bupati Nias meminta Pangdam I/BB untuk dapat bekerjasama dalam meningkatkan produksi hasil tanaman padi masyarakat Kabupaten Nias.

Menanggapi permintaan Bupati Nias, pangdam I/BB Mayjend TNI Lodewik Pusung menyambut baik kerjasama yang diinginkan Bupati Nias tentang membuat Nias menjadi lumbung padi.

Mayjend TNI Lodewik Pusung juga berjanji akan membantu masyarakat Kabupaten Nias dalam mencapai swasembada pangan. Hal tersebut dilakukan dengan menyuplai bibit benih kartika I/82 dan menambahkan pendamping/ penyuluh bagi kelompok tani.

Tujuannya, supaya Kabupaten Nias mencapai swasembada pangan melalui bibit unggul yang telah dikembangkan oleh Kodam I/BB, yakni benih Kartika I/82 dengan capaian 8-14 ton per hektar.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...