Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Operasi Gerhana III Bea Cukai Ungkap 50 Kasus Penyelundupan

Operasi Gerhana III Bea Cukai Ungkap 50 Kasus Penyelundupan

BELAWAN | suarasumut.com  –  Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi beserta jajaran instansi terkait secara bersama sama melaksanakan pemusnahan sejumlah barang selundupan hasil penindakan dalam operasi Gerhana III di halaman kantor DJBC Sumut di Belawan, Kamis (4/8).

Kegiatan pemusnahan dengan cara digilas dengan alat berat dilakukan terhadap ribuan botol minuman keras (Miras) dengan merk ternama asal luar negeri. Begitu juga dengan komoditi bawang selundupan asal Malaysia.

Dalam pemaparannya Heru Pambudi didampingi Kanwil DJBC Sumut mengatakan, dari 50 penindakan yang dilakukan selama operasi Gerhana III 24 kasus diantaranya merupakan penindakan dibidang impor, 2 kasus penindakan dibidang ekspor, 22 kasus pelanggaran FTZ dan 2 penindakan TKI Illegal.

Secara keseluruhan, jumlah kasus penindakan ini meningkat 54% dibandingkan dengan kasus penindakan pada operasi Gerhana periode sebelumnya

Khusus untuk di sektor Aceh hingga Bengkalis, komoditi dominan yang ditindak adalah bawang yang mayoritas asal Kuala Linggi Malaysia, dengan tujuan pantai timur Sumatera. Jumlah kasus disektor ini meningkat 52% dibandingkan dengan operasi Gerhana periode sebelumnya.

Sedangkan untuk penindakan di sektor Karimun hingga Batam, komoditi dominan yang ditindak adalah rokok impor dan rokok khusus kawasan bebas.

“Jumlah kasus di sektor ini meningkat 900% dibanding dengan operasi Gerhana sebelumnya dan untuk penindakan di bidang ekspor dilakukan terhadap komoditi pasir timah yang berasal dari Belitung dengan tujuan Kuantan, Malaysia,”paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, operasi Gerhana ketiga ini merupakan patroli laut terpadu dibawah kordinasi Subdit patroli laut Direktorat Penindakan dan Penyidikan (P2) antara Kanwil DJBC Sumut, Riau dan Sumbar dan KPU BC Tipe B Batan meliputi 16 kantor DJBC Sumut dengan didukung 29 kapal patroli dan 597 personil ABK.

“Operasi Gerhana III bertujuan untuk menghadang arus penyelundupan barang illegal antara lain ballpres (pakaian bekas), pasir timah, bawang asal Malaysia maupun Miras diperairan Selat Malaka sebagai tindak lanjut dari Intruksi Presiden Joko Widodo,”ujar Pambudi.(ps/ss-md)

Lihat Juga

Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu Diikuti 430 Riders Roda 2 Dan 70 Off Roader

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Event bergengsi “Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu” yang dilaksanakan ...