Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Musrenbangda Sergai 2015, Bupati: Kembangkan Inovasi Guna Mendorong Perekonomian Dan Kesejahteraan Masyarakat

Musrenbangda Sergai 2015, Bupati: Kembangkan Inovasi Guna Mendorong Perekonomian Dan Kesejahteraan Masyarakat

Sergai, suarasumut.com – Dalam merencanakan pembangunan daerah untuk tahun kedepan tentu kita tidak terlepas dari beberapa indikator keberhasilan dari pencapaian kinerja kita ditahun sebelumnya. Indikator tersebut diantaranya adalah tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dari tahun ke tahun terus meningkat, indikator makro ekonomi yang ditandai dengan meningkatnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Demikian dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si sekaligus membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Kabupaten Sergai Tahun 2015 di aula Sultan Serdang, Rabu (11/3). Acara tersebut turut juga dihadiri Drs. Elisa Marbun MAP mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), mewakili Bappemas Sumut, unsur FKPD Sergai, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Kepala BNK Sergai dan Camat se-Sergai.

Lebih lanjut diutarakan Bupati Soekirman, peningkatan selanjutnya pada bidang pelayanan umum, hal ini ditandai dengan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah dari beberapa bidang yang menjadi urusan wajib dan urusan pilihan daerah. Untuk urusan wajib antara lain urusan dibidang kesehatan yang ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu melahirkan (AKI) serta meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH). Sedangkan dalam bidang pendidikan, peningkatan kinerja dapat ditandai dengan meningkatnya Angka Partisipasi Kasar (APK) dan angka kelulusan.

Sedangkan untuk urusan pilihan, salah satunya adalah urusan di bidang pertanian, yang menjadi indikator utama keberhasilan ditandai dengan meningkatnya produksi komoditas pertanian seperti beras dan ubi kayu. Khususnya untuk produksi beras sebagai upaya ketahanan pangan dan swasembada beras pada tahun 2013 yang lalu sergai mengalami surplus sebesar 155.502 ton, papar Bupati Soekirman.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai terus berupaya mendorong peningkatan kemampuan perekonomian daerah, dengan fokus pada pembangunan pertanian dan industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta peningkatan ketersediaan infrastruktur daerah. Pada tahun 2016 yang akan datang Pemkab Sergai juga akan terus menghimbau seluruh SKPD maupun komponen masyarakat untuk terus mengembangkan inovasi baru dalam mendorong perekonomian masyarakat sehingga kesejahteraan maupun cita-cita masyarakat Sergai dapat terwujud, harap Bupati Soekirman.

Sebelumnya Kepala Bappeda Sergai Ir. H.M. Taufik Batubara, M.Si yang juga ketua panitia pelaksana melaporkan maksud pelaksanaan Musrenbang diantaranya mematangkan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sergai berdasarkan renja-SKPD hasil forum SKPD dengan cara meninjau keserasian antara rancangan renja-SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD tahun 2016. Sedangkan tujuan dari pelaksanaannya adalah musrenbang RKPD untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Sergai.

Dalam kesempatan yang sama mewakili Gubsu Drs. Elisa Marbun,MAP dalam sambutan tertulisnya bahwa harapan kedepannya hasil rumusan musrenbang yang telah dicapai mampu menjawab dan menghasilkan jalan keluar atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan pemerintah daerah, mengakomodir kebutuhan masyarakat serta mampu menjalankan agenda pembangunan sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) masing-masing daerah.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...