Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› MPC Dan Pengurus Baru Pramuka Kwarcab Sibolga Dilantik Walikota

MPC Dan Pengurus Baru Pramuka Kwarcab Sibolga Dilantik Walikota

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Walikota Sibolga H. M Syarfi Hutauruk, Lantik sejumlah pengurus baru Majelis Pembimbing Cabang gerakan Pramuka Kwarcab dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kota Sibolga, periode 2018 – 2023, diGedung Nasional kota Sibolga Sumatera Utara, Sabtu (12/5/2018).

Acara pelantikan tersebut di ikuti oleh ribuan anak -anak pramuka dari seluruh pelajar sekolah yang ada di Kota Sibolga dengan tema “Semoga Sukses Mengemban Amanah dan membawa gerakan pramuka Semakin Maju dan Jaya”.

Walikota Sibolga yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka dalam sambutannya menegaskan, yang dikukuhkan dan yang dilantik hari ini bukan ilegal, ini adalah legal, sesuai dengan konstitusi UUD 1945. “Pelantikan ini sudah sesuai dan kita taat juga kepada UUD Pramuka, ini taat dan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (Ad/Art) Pramuka, maka tidak sembarang saya mengambil keputusan selaku ketua majelis, karena saya tidak mau disalahkan,”tegasnya.

Syarfi juga menyampaikan bahwa ia mendengar dan melihat sebuah kabar disalah satu media Sosial (Medsos) mengatakan bahwa kepengurusan yang dilantik hari ini adalah Ilegal ” ada anak muda, entah siapa dilihat itu namanya, di Medsos ia mengatakan, itu pengurus Ilegal pengurus ilegal dari mana?, karena gerakan Pramuka ini adalah untuk pembinaan generasi, maka dilatihlah untuk kepemimpinan rasionalisasi kepengurusan, ada pergantian kepengurusan, tidak itu ke itu saja mulai dari sepuluh (10) atau tujuh belas (17) tahun itu itu juga Ketua Pramuka, tidak pernah diganti, tidak ada musyawarah, padahal AD/ART adalah menyuruh musyawarah, UUD 1945, baik itu Pramuka atau pun UUD Ormas, atau pun Presiden dibatasi masa jabatannya, hanya 5 tahun dan dibatasi juga hanya 2 periode, semua aturannya begitu sesuai UUD atau pun Ad/Art.

Sekretaris Kwartir Cabang Sibolga, bertindak selaku penyelenggara kegiatan, dalam laporannya mengatakan, Pramuka adalah singkatan Dari Prajamuda Karana, yang artinya orang muda yang suka berkarya, dengan lambangnya tunas kelapa, yang berarti tunas penerus bangsa.

“Pramuka juga sebagai wahana pendidikan informal, maka peran pramuka tidak dapat dipandang sebelah mata, sesuai dengan UU No.12 Tahun 2010, tentang kelembagaan pramuka terdiri dari Gugus Depan dan Kwartir ranting, di Kota Sibolga Kwartir Ranting itu belum terbentuk, selama ini gerakan pramuka hanya bertumpu pada gugus depan dan Saka yang aktif, maka sesuai dengan rencana kerja, kami akan menyusun kwartir ranting gerakan pramuka ditingkat kecamatan agar kelembagaan Gerakan Pramuka dapat terpenuhi,”lanjut Samsul.

“Seluruh Satuan Karya (Saka) yang aktif dalam menjalankan kegiatannya memang membutuhkan Dana, jadi jika Ketua DPRD setuju, Dana Hibah untuk Pramuka dapat ditambah di P-APBD tahun ini, sehingga dapat tercapai segala program, Rencana Kerja, dan Roda Kepengurusan sampai akhir masa Bakti,”tandas Samsul.

Kepada para pengurus yang baru dilantik, M.Syarfi Hutauruk, mengatakan, secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Sibolga mengucapkan selamat kepada Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kita Sibolga untuk masa bakti 2018-2023.

“Untuk mencapai suatu tujuan organisasi diperlukan pembenahan organisasi, baik secara internal mau pun secara eksternal, salah satu diantaranya dilakukan melalui perubahan dan pelantikan kepengurusan yang baru, kepada pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat menjalin kerjasama secara sinergis dengan organisasi-organisasi Sosial yang ada,”lanjut Syarfi.

Diakhir sambutannya, Walikota berpesan agar ketua dan pengurus yang baru saja dilantik hari ini agar mengembangkan dan memajukan Gerakan Pramuka di Kota Sibolga serta menghimbau kepada anak anak pramuka untuk menjauhi narkoba dan tidak ikut melakukan tawuran khusus kepada gerakan pramuka Kota Sibolga, kepada Ketua dan pengurus baru tolong agar pramuka di Kota Sibolga agar dikembangkan. “Kami menaruh harapan besar kepada ketua dan pengurus baru untuk membina generasi muda ini, agar menjauhi narkoba dan lem kambing, tidak melakukan tawuran/keributan, tolong berkorban di pramuka jangan cari hidup digerakan pramuka, tapi menghidupi gerakan pramuka,”harapnya.

Terpisah, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga yang baru dilantik, Amrullah Gultom, SE.MM, dalam keterangan pers nya mengatakan, kepengurusan baru ini tercipta dari hasil musyawarah Luar Biasa. “Yang pasti itu akan mendapat tanggapan orang yang bermacam-macam, apakah itu Legal atau Ilegal, itu kesalahan mereka,”jelasnya.

“Harapan saya, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pengurus yang baru, seluruh anggota Pramuka, dan para pengurus yang lama kita terbuka untuk menerima bergabung dalam kepengurusan,”lanjut Amar.

“Visi dan Misi saya sebagai ketua yang baru dilantik, yaitu meneruskan program kerja yang lama, tentu beberapa perubahan atau menyempurnakan yang telah ada, salah saty contoh itu tadi, Pembentukan kwartir ranting gerakan pramuka ditingkat kecamatan, sehingga amanah undang-undang no.12 tahun 2010, tentang kelembagaan gerakan pramuka dapat terpenuhi,”tegas Amar.

Disinggung terkait penyerahan kantor dari pengurus lama yang menjadi polemik, Amarullah mengatakan, memang ada surat permohonan pengamanan ke Polres Sibolga untuk pengamanan kantor, karena setelah pelantikan pengurus yang baru akan mengambil alih gedung kantor, tapi karena kantor itu merupakan asset pemerintah, jadi kita maunya menempati kantor itu dengan baik-baik.

Amatan media, hadir dalam acara tersebut mewakili Danrem 023/KS, mewakili Kapolres Kota Sibolga, Dandim 0211/TT, Ketua DPRD Kota Sibolga, Wakil Walikota, Danlanal TNI-AL, Sekdakot, mewakili Dansatradar TNI-AU, Tim Penggerak PKK Dharma Wanita kota Sibolga, KNPI Kota Sibolga, pembina dan pengurus Gugus Depan Pramuka kota Sibolga dan para Guru Sekolah pengurus Pramuka. (rip/ss-sb)

Lihat Juga

Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Karo Laksanakan Diklat Revolusi Mental

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *