Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Meski Tak Kantongi Izin, Bangunan Ruko Di Negeri Lama Tetap Berjalan

Meski Tak Kantongi Izin, Bangunan Ruko Di Negeri Lama Tetap Berjalan

Negeri lama, suarasumut.com – Bangunan ruko yang akandibangun sebanyak dua pintu di belantaran DAS pusat kota Negeri lama kelurahan Negeri Lamakota,Kecamatan Bilah Hilir Labuhanbatu menuai pertanyaan.

Pasalnya, bangunan ruko yangdiketahui milik pengusaha bermata cipit asal Rantauprapat LN meski tidakmendapat izin membangun bangunan (IMB) dari Pemda Labuhanbatu, lantaran beradadilokasi Daerah Aliran Sungai yang tentunya melanggar Pasal 3 Undang-UndangNomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.

Selain itu melanggar ketentuanPasal 18 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, sebagiankewenangan pemerintah dalam pengelolaan sumber daya air dapat diselenggarakanoleh pemerintah daerah, dalam rangka mendukung terselenggaranya pengelolaanDaerah Aliran Sungai.

Namun meskipun demikian, masihbanyak dijumpai bangunan –bangunan liar yang berdiri di belantaran aliransungai, seperti yang terjadi di Negeri lama saat ini, ironisnya kendati tidakmengkantongi izin membangun pihak pengusaha tetap saja membandel, dan meneruskan pembangunan tersebut walaupun tanpa izin dari Pemda.

Sementara itu, pihak Satpol PPsebagai institusi penegak perda dinilai masih plin plan dalam melakukanpenegakkan Perda, padahal jelas-jelas melanggar aturan Perda, dan masih terkesanragu-ragu dalam menghentikan bangunan tersebut.

Informasi yang berhasildihimpun realitas dilapangan menyebutkan kalau pembangunan ruko itu tidakmendapat restu dari intansi Pemda Labuhanbatu, salah satu staf bagianPemerintahan Pemkab Labuhanbatu Heri saat dikonfirmasi mengenai hal ini,menyebutkan kalau rekomendasi IMB yang diajukan LN ini memang bermasalah,karenaberada di daerah DAS. “iya, bang memang izinbangunan atas nama LN itu sampai saat ini belum kita keluarkan, dan kalaumemang bangunan tersebut sedang dikerjakan,seharusnya pihak sat pol PP lah yangberwenang untuk menyetop bangunan itu,”sebutnya.

Hal serupa juga disampaikansekretaris Dinas Cipta Karya Labuhanbatu H.Zulkarnaen, melalui seluler 12/10mengatakan kalau sampai saat ini belum ada berkas permohonan pembangunan rukodi Negegri lama atas nama LN yang masuk. ‘enggak ada tuh,.. permohonanizin membangun ruko atas nama LN yang berlokasi di Negeri lama,mungkin ke Dinas Binamarga bagian pengairan,”sebutnya.

Sementara itu, Camat BilahHilir Saparuddin,SH melalui selulernya 12/10 mengatakan kalau rekomendasi izinbangunan yang dikeluarkan nya itu telah dimohonkan untuk dibatalkan, sebabsebelumnya ada kesalahan tehnis.“sudah saya katakana samapihak Dinas Binamarga agar rekomendasi yang saya tandatangani sebelumnya itu dibatalkan, sebab memang atas laporan masyarakat kalau lokasi bangunan tersebut melanggar peraturan DAS,” ungkapnya.(ta/ss/bh)

Lihat Juga

Brakk!!! Mega Pro vs Vario, Satu Tewas, Satunya Lagi Kritis

TAPTENG | suarasumut.com  –  Lakalantas antara Mega Pro Bk 5800 ZAD vs Vario BB 5440 ...