Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Mesin Cetak E-KTP Milik Disdukcapil Kota Gunungsitoli Rusak

Mesin Cetak E-KTP Milik Disdukcapil Kota Gunungsitoli Rusak

Gunungsitoli | suarasumut.com — Hingga saat ini empat unit mesin cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Gunungsitoli rusak. Akibat kerusakan mesin tersebut, Disdukcap[il Kota Gunungsitoli tidak bisa mencetak E-KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Gunungsitoli Ya’aro Harefa, S.Pd yang ditemui di kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (31/8) membenarkan jika semua mesin cetak E-KTP milik Disdukcapil Kota Gunungsitoli rusak.

Akibat rusaknya semua mesin cetak E-KTP, Disdukcapil Kota Gunungsitoli hingga saat ini tidak bisa mencetak E-KTP, dan untuk membantu warga yang butuh KTP, Disdukcapil hanya bisa menerbitkan surat keterangan KTP sementara.

“Kita hanya memiliki empat mesin cetak E-KTP di Kota Gunungsitoli. Dua mesin telah rusak dua bulan yang lalu, dan telah kita kirim untuk diperbaiki di pusat dan hingga saat ini belum juga bagus. Karena hanya ada dua mesin, kita melakukan pencetakan secara ekstra, sehingga tadi pukul 11.30 wib, dua mesin kita kembali rusak dan harus kita kirim ke pusat untuk diperbaiki,” jelas Ya’aro.

Ya’aro memberitahu, dia telah menghubungi petugas yang membidangi alat pencetakan E-KTP di Kementerian Dalam Negeri untuk mendapat mesin lain dalam membantu pencetakan E-KTP di Kota Gunungsitoli.

Namun, hingga saat ini menurut dia, tidak ada respon atau pengiriman mesin baru, dan terpaksa Disdukcapil Kota Gunungsitoli hanya bisa menunggu dan menerbitkan surat keterangan bagi warga yang mengurus KTP.

Kepada warga Kota Gunungsitoli, Ya’aro meminta untuk sabar, dan mereka sedang melakukan berbagai upaya supaya Dirjen Kependudukan mau membantu dengan mengirim mesin baru agar dapat dilakukan pencetakan E-KTP di Kota Gunungsitoli.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Kabupaten Karo Terima Piagam Penghargaan HAM

Karo | suarasumut.com  –  Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2017, mengangkat tema “Kerja ...