Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Internasional ›› Merkel: Rakyat Jerman Bersiaplah Sambut Pengungsi Suriah
Kanselir Jerman Angela Merkel

Merkel: Rakyat Jerman Bersiaplah Sambut Pengungsi Suriah

Kanselir Jerman Angela Merkel
Kanselir Jerman Angela Merkel

Kanselir Angela Merkel, Kamis (29/8), menyerukan kepada rakyat Jerman untuk menyambut ribuan pengungsi Suriah yang mulai tiba bulan depan, saat sebuah pusat pengungsi politik baru di Berlin memicu sentimen anti-asing.

Jerman mengumumkan awal tahun ini bahwa negara itu siap menerima 5.000 warga Suriah yang mencari perlindungan dari negara yang dilanda perang tersebut. “Saya meminta orang-orang di Jerman untuk menyambut mereka di sini karena semua orang tahu apa yang telah mereka alami,” kata Merkel kepada harian Mittelbayerische Zeitung dalam sebuah wawancara.

Merkel, yang akan bertarung untuk masa jabatan ketiga dalam pemilihan umum pada 22 September mendatang, juga mengatakan kepada harian itu bahwa sejak 2012 Jerman telah memberikan 340 juta euro dalam bentuk bantuan kemanusiaan bagi korban konflik di Suriah.

Berlin pada Maret mengatakan, Jerman akan memberikan suaka kepada 3.000 warga Suriah paling lambat pada bulan Juni, diikuti oleh 2.000 lagi di akhir tahun ini, dalam menanggapi situasi yang “semakin sulit” di Suriah. Tawaran tersebut akan membuat sekitar 13.000 pengungsi Suriah masuk Jerman sejak awal 2012.

Pekan lalu polisi antihuru-hara negara itu harus memisahkan demonstran neo-Nazi dari para pendukung anti-fasis yang berkumpul di dekat pusat pencari suaka baru di ibu kota Jerman tersebut. Salah seorang petugas terluka oleh botol yang dilemparkan ke wajahnya dan 25 orang ditangkap.

Sekitar 80 orang, dari Afganistan, Suriah, dan Serbia, telah tiba di pusat itu yang pada akhirnya diperkirakan akan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 200 orang.

Jumlah pencari suaka di Jerman telah meningkat menjadi 52.754 orang tahun ini, atau 90 persen lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sumber: AFP

Lihat Juga

Pramuka Indonesia Raih World Messengers Of Peace Hero Award

Malaysia | suarasumut.com  –  Sekretaris Jenderal World Organization of the Scout Movement (WOSM), Ahmed al-Hendawi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.