Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Menteri PU Dan PERA Setujui Jalan Provinsi Jambi Menjadi Jalan Nasional

Menteri PU Dan PERA Setujui Jalan Provinsi Jambi Menjadi Jalan Nasional

Jambi, suarasumut.com – Hal ini atas perintah langsung oleh Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus untuk menyampaikan kepada para media melalui Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, PB Panjaitan dan Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Fauzi Ansori dalam jumpa pers. Dikatakan oleh PB Panjaitan, bahwa Sepanjang 393 kilometer jalan milik Provinsi Jambi dilaporkan telah naik status menjadi jalan nasional.

Hal itu seperti dijelaskan Benhard , jalan berstatus provinsi sepanjang 393,1 kilometer itu resmi naik statusnya menjadi jalan nasional sejak 23 April 2015 lalu. “Artinya, ada potensi anggaran sekitar Rp150 miliar yang bisa dialihkan untuk pembangunan dan perawatan jalan provinsi lainnya di Jambi,”terangnya.

Kenaikan status jalan ini, kata Benhard pula, akan ditindaklanjuti dengan penyerahan aset ke Menteri PU. Dengan naiknya status jalan nasional, maka ruas jalan nasional di Provinsi Jambi menjadi 1.317,93 kilometer, dan itu nantinya akan jadi beban APBN.

“Status jalan provinsi yang awalnya sepanjang 1.544 kilometer, berkurang menjadi 1.151 kilometer. Artinya, kita punya potensi keuntungan dari pengalihan status jalan itu (sebesar) Rp150 miliar. Anggaran itu nantinya bisa dialihkan untuk memperbaiki ruas jalan yang sangat rusak berat. Dan Pemprov berupaya akan memprioritaskan sejumlah jalan status kabupaten dinaikkan jadi jalan provinsi,” katanya.

Dijelaskan Benhard, jalan provinsi yang naik status menjadi jalan nasional itu terletak di enam kabupaten/kota. Masing-masing yakni Kabupaten Merangin, Kerinci, Muarojambi, Tanjab Barat, Tanjab Timur, serta Kota Sungaipenuh.

“Ke depan juga ada rencana pengembangan wilayah. Kita buka jalan baru. Contoh, usulan Kabupaten Muarojambi tentang pembangunan jembatan Batanghari-III untuk pecahkan kemacetan. Dan jalan kabupaten bisa dimungkinkan jadi jalan provinsi,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, Fauzi Ansori mengatakan, Pemprov Jambi di bawah komando Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, setidaknya sudah empat kali mengusulkan kenaikan status jalan provinsi menjadi jalan nasional.

“Kita sudah empat kali mengusulkan ke Menteri sejak tahun kedua Pak Hasan Basri jadi Gubernur, agar jalan di beberapa kabupaten dinaikkan statusnya. Kalau tanpa usulan dari Pemprov, mana mungkin status jalan tiba-tiba naik,” kata Fauzi.

Naiknya status jalan itu, kata Fauzi pula, diharapkan mendorong upaya optimalisasi jalan status kabupaten dengan akses perekonomian menjadi tinggi. Sementara jalan kabupaten menurutnya juga ada yang akan ditingkatkan menjadi jalan provinsi.(ik/ss/jb)

Lihat Juga

Kapolres : Anggota Polres Labuhanbatu Yang Beck-Up Judi Lapor Ke- Saya

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Polres Labuhanbatu terus gencar memburu pelaku perjudian diwilayah hukumnya. Terbukti dengan ...