Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Menjelang Hari Raya, Pelabuhan Gunungsitoli Masih Sepi

Menjelang Hari Raya, Pelabuhan Gunungsitoli Masih Sepi

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com — Pada bulan ramadhan atau menjelang Hari Raya Ideul Fitri, aktivitas penumpang di pelabuhan laut Gunungsitoli terlihat masih sepi. Beberapa kapal yang setiap hari mengangkut penumpang dari Gunungsitoli menuju Sibolga juga tidak menunjukkan aktivitas yang meningkat.

Kepala Perwakilan ASDP Gunungsitoli Nazwaldi yang ditemui wartawan di kantor ASDP komplek pelabuhan Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Senin (14/7), membenarkan jika aktivitas penumpang di pelabuhan gunungsitoli masih seperti biasa dan belum menunjukkan lonjakan.

Menurut dia, lonjakan penumpang baru terjadi dua atau tiga hari lagi lebaran, namun lonjakan tersebut juga tidak terlalu signifikan, dimana sesuai pengalaman tahun tahun sebelumnya, lonjakan penumpang hanya mencapai 5-7 persen.

Hal tersebut terjadi karena mayoritas penduduk pulau Nias beragama kristen, sehingga pada hari hari besar agama Islam dan agama lainnya tidak ada lonjakan penumpang di pelabuhan Gunungsitoli. Namun pada Hari Natal dan Tahun Baru, menurut Nazwaldi lonjakan penumpang bisa mencapai hingga 200-300 persen dari hari bisasanya.

Dari penjelasan kepala ASDP,saat ini kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan Gunungsitoli milik ASDP hanya KM. Tanjung Burang, sedangkan kapalKM Belanak sedang naik dok di Jakarta dan kemungkinan akan kembali beroperasi minggu depan.

Selain kapal milik ASDP, di pelabuhan Gunungsitoli juga ada dua unit kapal penumpang milik pengusaha swasta yang bernama KM.Wira Prime dan KM.Jayanti, sehingga dengan kurangnya armada ASDP akibat naik dok, pelayanan penumpang di Pulau Nias yang menggunakan jasa kapal laut tidak terkendala.(sp/ss/gs)

Kata kunci terkait:
kapal wira prime, kapal wiraprime

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...