Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Massa Pendukung Paslon FAATULO Demo Panwaslih Kabupaten Nias

Massa Pendukung Paslon FAATULO Demo Panwaslih Kabupaten Nias

Nias | suarasumut.com — Ratusan masyarakat Kabupaten Nias yang menamakan diri Tim Relawan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Faigiasa Bawamenewi dan Bazatulo Gulo (FAATULO), datangi kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslih) Kabupaten Nias di Jalan Diponegoro, Desa Miga, Kota Gunungsitoli, Jum’at (18/12).

Kedatangan tim relawan paslon FAATULO ke kantor Panwaslih adalah untuk menanyakan laporan pelanggaran paslon Drs.Sokhiatulo Laoli, MM dan Arosokhi Waruwu, SH, MH (SARO) yang telah dilaporkan sebelumnya.

Massa yang diterima Ketua Panwaslih Kabupaten Nias Atius Waruwu bersama anggota Panwaslih Kabuputen Nias Eltinu Hura sempat memaksa masuk ke dalam kantor Panwaslih Kabupaten Nias, tetapi berhasil dihadang personil kepolisian dari Polres Nias yang telah berjaga jaga sebelumnya.

Akibatnya, massa pendukung Paslon FAATULO melakukan orasi di depan kantor Panwaslih Kabupaten Nias, dan menuntut Panwaslih untuk menjelaskan penyebab laporan kecurangan yang dilakukan paslon SARO tidak ada tindaklanjut.

Sesuai pantauan wartawan, ketika menerima massa yang menamakan diri tim relawan FAATULO, Ketua Panwaslu Kabupaten Nias menjelaskan bahwa laporan tim relawan Fa’atulo tidak dapat ditindaklanjuti, karena bukti tidak memenuhi unsur materil dan formil.

Akibat jawaban tersebut, massa pendukung paslon FAATULO sempat berusaha menyeruduk masuk kedalam kantor Panwaslu, sehingga terjadi dorong mendorong dengan personil kepolisian.

Sesuai surat selebaran yang dibagi massa pendukung paslon FAATULO kepada wartawan, diketahui jika pelanggaran yang telah dilaporkan kepada Pnawaslih diantaranya melaporkan paslon Saro karena sengaja menggunakan fasilitas pemerintah dalam mengkampanyekan diri, menggerakkan atau melibatkan PNS, perangkat desa dalam kampanye memenangkan SARO.

Penyelenggara pilkada dilaporkan memihak kepada paslon SARO atau nomor urut 3, money politik yang dilakukan sejumlah tim paslon SARO, dan KPPPS sengaja tidak memberikan surat panggilan memilih kepada masyarakat yang mempunyai hak suara dan menyebarkan surat panggilan kepada masyarakat yang diketahui tidak berada di Nias atau telah meninggal dunia.(ih/ss/ni)

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...