Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Masalah Aset, Satpol-PP Nias Dan Kota Gunungsitoli Nyaris Bentrok

Masalah Aset, Satpol-PP Nias Dan Kota Gunungsitoli Nyaris Bentrok

Nias | suarasumut.com  —  Diduga akibat memperebutkan bekas kantor Dinas Pendidikan milik Kabupaten Nias, di Jalan Karet, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Rabu (22/2), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli nyaris bentrok.

Pertikaian antara Satpol-PP Kabupaten Nias dengan Satpol-PP Kota Gunungsitoli berhasil diredam Polisi Resor Nias yang dipimpin langsung Wakil Kapolres Nias Kompol.Herwansyah Putra.

Waka Polres Nias Kompol.Herwansyah Putra yang ditemui dilokasi kejadian menegaskan, untuk sementara waktu demi menjaga Harkamtibmas dan hubungan baik Pemerintah Kabupaten Nias dan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Polisi resor Nias yang melakukan penjagaan terhadap aset tersebut.

“Kita tadi telah sepakat dengan Pemkab Nias dan Kota Gunungsitoli, kita yang menjaga aset negara ini untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan. Sementara waktu, fasilitas ini dikosongkan, dan ini akan kita sampaikan kepada Wali Kota Gunungsitoli dan Bupati Nias untuk membicarakannya,” terang Waka Polres Nias.

Dia juga memberitahu, pengamanan aset atau bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias dilakukan agar tidak terjadi gesekan antara Satpol-PP Kabupaten Nias dan Satpol-PP Kota Gunungsitoli, dan berharap pertikaian tersebut diselesaikan secepatnya.

Asisten I Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Kurnia Zebua sebelumnya mengatakan, satu satunya yang paling layak dilakukan untuk bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias adalah penertiban. Penertiban diawali dengan kebersihan, karena menurut dia saat ini bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias tidak layak dan sangat kotor, dan aset tersebut adalah milik semua masyarakat, sehingga perlu dijaga dan dibersihkan.

“Soal mereka tidak keluar, itu hak mereka. Karena ada kesepakatan yang dipandu Polisi, dan Polisi yang menjaga serta mengawasi bangunan ini. Kita berharap, tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan sampai ada pembicaraan pimpinan,”tutur Kurnia.

Kurnia tidak lupa menekankan, Pemko Gunungsitoli bukan berniat merebut aset yang belum diserahkan Pemkab Nias, tetapi karena ada rencana Pemkab Nias mau menyerahkan kepada sebuah yayasan, maka seharusnya ada pembicaraan dan duduk bersama dengan Pemko Gunungsitoli.

“Gedung ini tidak dipakai lagi, karena kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias sudah dibangun di Kecamatan Gido. Jika ada rencana pemberian kepada yayasan, seharusnya kita duduk bersama dulu. Sekali lagi kami tekankan, Pemko Gunungsitoli bukan mau merampas aset yang belum diserahkan, tetapi mau membersihkan dan menertibkan supaya tidak digunakan semaunya saja,”ujar Asisten I, Sekda Kota Gunungsitoli.

Desmon Zebua, Asisten III, Sekda Kabupaten Nias ditempat yang sama mengatakan belum bisa memberikan penjelasan detail, tetapi menurut dia langkah yang diambil Polres Nias adalah untuk menjaga kondusifitas dan aset negara.

“Kita terlalu dini kalau mengambil kesimpulan saat ini, tetapi langkah yang diambil Polres Nias adalah untuk menjaga kondusifitas dan aset negara. Bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias ini masih belum diserahkan kepada Pemko Gunungsitoli, dan memang ada penyerahan aset, tetapi kantor ini tidak termasuk didalamnya,”terang Desmon Zebua.

Sesuai pantauan dilapangan, Satpol-PP Kota Gunungsitoli yang dipimpin Kasatpol-PP Murni Dharma Zebua terlihat siap siap mengambil alih bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias dan telah menyiapkan sejumlah mobil pengangkut sampah dan pemadam kebakaran untuk melakukan pembersihan kantor tersebut.

Namun, Satpol-PP Kabupaten Nias yang dipimpin Kasatpol-PP Kabupaten Nias tetap bertahan didalam komplek bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias. Sebelum pergesekan antara Satpol-PP Kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli terjadi, Polisi langsung melakukan pencegahan dan melakukan mediasi antara kedua belah pihak.

Setelah diambil kesimpulan jika aset tersebut dijaga oleh Polisi, dan di dalam komplek bekas kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias tidak ada Satpol-PP Kabupaten Nias maupun Kota Gunungsitoli, kedua belah pihak yang hampir bentrok meninggalkan lokasi. Perseteruan tersebut sempat menjadi perhatian warga dan membuat jalan macet.(al/ss-ni)

Kata kunci terkait:
berita perebutan aset olleh pemkot gunungsitoli, masalah perseteruan kab nias dan kota gunungsitoli, nias adalah kota, perebutan gedung di nias oleh satpol pp, bentrokan satpol pp di nias, berita kapolres nias, Kantor bupati nias baru di gido, Masalah yg terjadi di nias selatan di dinas pendidikan, perebutan aset di gunung sitoli nias

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...