Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Makam Keramat Datuk Kanjang/Ganjang Situs Sejarah Yang Perlu Digali

Makam Keramat Datuk Kanjang/Ganjang Situs Sejarah Yang Perlu Digali

Tebing Tinggi | suarasumut.com  –  Makam keramat Datuk Kanjang yang selalu ramai dikunjungi oleh para pejiarah, baik yang datang dari dalam Kota Tebing Tinggi begitu juga dari luar kota baik dari suku Tionghoa, India, dan lain sebagainya.

Pantauan suarasumut.com tepatnya hari Minggu tgl 17 Januari 2016 letak makam di areal kebun ubi terletak di Lk. V kelurahan Damar Sari Kecamatan Sungai Sigiling Kota Tebing Tinggi.  Adapun panjang makam tersebut berukuran ±9 meter yang dipagari dengan besi dan tembok beton yang beratap seng.

Dari hasil wawancara dari warga setempat diantaranya seorang ibu guru yang bernama ibu Zuhairiah mengatakan bahwa makam Datuk Kanjang telah berumur ±300 tahun lamanya. Sebelumnya makam tersebut belum dibuatkan tembok pengamannya namun pada tahun 1990 atas inisiatif warga dibuatlah tembok pengaman dari makam tersebut dan ini mungkin karena adanya para pejiarah yang datang untuk sesuatu tujuan yang konon kabarnya makam ini selalu dikeramatkan orang.

Dari informasi yang berkembang bahwa dahulu Datuk Kanjang adalah termasuk pria yang tinggi besar bagaikan raksasa begitulah cerita masyarakat setempat yang masih perlu digali kebenarannya dan dalam hal ini situs sejarahnya.

Diantara warga yang berkomentar tentang makam itu antara lain Rizky Maulana warga yang beralamat dijalan Ahmad Bilal Lk. V Kelurahan Damar Sari Tebing Tinggi menceritakan bahwa Alm. Datuk Kanjang masih ada hubungan tali persaudaraan dengan pendiri Kota Tebing Tinggi Datuk Bandar Kajum dan makam ini sampai saat ini masih dikunjungi para pejiarah dari dalam Kota maupun luar Kota. Dan beliau berharap situs sejarah ini perlu digali dan dikembangkan untuk khasanah kebudayaan dan pariwisata Kota Tebing Tinggi. “Tentunya pemerintah kota agar memberikan prioritas dalam mencari situs bersejarah ini karena bisa mengundang para pejiarah dan wisata ketempat yang dikeramatkan ini,” tandasnya.(ag/ss/tt)

Kata kunci terkait:
sejarah datuk bandar kajum, makam keramat di tebing tinggi, makam keramat aek kanopan, makam kerat padang periamab jambi, makam kramat daerah siolip padang lawas, kramat di labusel, makam keramat di nias, datuk ganjang, makam keramat di jambi, makam wali di kabupaten serdang bedagai

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...