Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Mahasiswa IKIP Gunungsitoli Tuntut Pembangunan Gedung Baru

Mahasiswa IKIP Gunungsitoli Tuntut Pembangunan Gedung Baru

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Puluhan mahasiswa institut kejuruan ilmu pendidikan (IKIP) Gunungsitoli melakukan unjukrasa, Rabu (9/5).

Unjukrasa yang digelar di depan kampus IKIP Gunungsitoli dan kantor Bupati Nias menuntut pembangunan gedung baru untuk mewujudkan akreditas Ikip Gunungsitoli tahun 2019.

Mahasiswa meminta kejelasan proses akreditas program studi dan institut jurusan matematika dan bimbingan konseling kepada yayasan perguruan tinggi (Yaperti Nias) yang menaungi IKIP Gunungsitoli.

Mempertanyakan sejauh mana usaha yang telah dilakukan Yaperti Nias dalam mengusut tuntas kasus penggelapan uang mahasiswa yang dilakukan mantan Bendahara IKIP Gunungsitoli.

Mengutuk keras tindakan ketua umum Yaperti Nias yang selalu memberikan janji palsu kepada para Mahasiswa dan meminta bukti jika Yaperti Nias telah memperjuangkan pembangunan gedung baru IKIP Gunungsitoli.

Sekda Kabupaten Nias yang juga merangkap sebagai ketua Yaperti Nias Firman Yanus Larosa M.AP menerangkan kepada mahasiswa di kantor Bupati Nias bahwa akreditas sesuai dengan aturan ada delapan prodi.

Dua prodi matematika dan bimbingan teknik yang akreditasnya berakhir tahun 2019 sedang diproses dosen dan rektor IKIP Gunungsitoli.

Menurut dia, yang bertanggung jawab atas akreditas adalah pihak Rektor IKIP Gunungsitoli dan tidak ada kaitan dengan Ketua Yaperti Nias.

Soal uang mahasiswa yang digelapkan mantan Bendahara IKIP Gunungsitoli, Firman menerangkan uang tersebut sampai saat ini belum masuk kas Yaperti Nias.

Uang tersebut masih tanggung jawab Rektor IKIP Gunungsitoli, dan Yaperti Nias telah menyurati Rektor IKIP Gunungsitoli untuk mengusut dan mendesak pihak Kepolisian yang telah menangani kasus tersebut.

“Dari penjelasan Polres Nias, sampai saat ini tersangka belum ditemukan dan sudah masuk daftar pencarian orang (dpo) polisi,” jelasnya.

Sedangkan untuk pembangunan gedung baru, Ketua Yaperti Nias menegaskan jika hal tersebut ada prosedurnya.

Semua dilakukan sesuai aturan yang berlaku, dan tahapan pembangunan harus memenuhi ijin mendirikan bangunan tanpa melanggar aturan

Sebelumnya, Asisten setda Kabupaten Nias bagian pembangunan memberitahu, pembangunan gedung baru IKIP Gunungsitoki akan dilakukan.

Pemenang tender pembangunan gedung baru IKIP Gunungsitoli akan diumumkan pada tanggal 10 mei 2018.

“Bulan Mei ini akan dilakukan penandatanganan MoU dengan pemenang tender, dan tanggal 15 Mei 2018 Yaperti Nias akan memberi laporan kepada Rektor IKIP Gunungsitoli terkait IMB dan izin lingkungan hidup,” jelasnya.

Namun, mahasiswa tidak menerima penjelasan Ketua Yaperti Nias yang langsung masuk ke dalam kantor, sehingga nyaris terjadi bentrok dengan Satpol-PP.

Namun setelah diberi penjelasan pihak keamanan, mahasiswa akhirnya membubarkan diri dan berjanji akan melanjutkan aksi hingga tuntutan mereka dipenuhi.(ih/ss-gs)

Lihat Juga

Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Karo Laksanakan Diklat Revolusi Mental

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *