Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› LSM SIKAP Labuhanbatu Nilai Pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Bilah Hilir Salahi Aturan

LSM SIKAP Labuhanbatu Nilai Pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Bilah Hilir Salahi Aturan

Labuhanbatu, suarasumut.com – Proyek peningkatan jalan di Dusun Sidodadi Desa Sidomulyo Kecamatan Bilah Hilir Labuhanbatu sepanjang 1 km dengan pagu Rp 2.407.200.000 bersumber dari APBD tingkat II Kabupaten Labuhanbatu T.A 2014 lalu menyalahi aturan.

Pasalnya, proyek yang dikerjakan menggunakan CV.H itu dinilai mark up dan pengerjaannya pun menyalahi aturan , karena menggunakan Lapisan Pondasi Atas (LPA) ”oplosan”.

Menurut keterangan sumber yang layak dipercaya menyebutkan, kalau bes cos (batu pecah) yang digunakan untuk LPAnya tidak sesuai ukuran yang seharusnya, hal tersebut dapat dilihat langsung dilokasi proyek yang pengerjaannya telah selesai itu.

”Iya mas, setahu saya, untuk LPA nya seharusnya menggunakan bescos yang sesuai, namun saya menilai kalau dalam pengerjaan proyek ini, bescosnya telah dicampur alias oplosan, sebab kemungkinan pihak rekanan telah mencampur nya dengan batu kerikil dari stock file milik rekanannya yang ada di Aek Matio ,”terang sumber.

Hal ini tentunya menyalahi aturan yang ada di RAB dan jelas merugikan keuangan Daerah/Negara, sementara itu informasi yang diperoleh suarasumut.com dari beberapa sumber lainnya menyebutkan kalau pihak Dinas Binamarga Kabupaten Labuhanbatu diduga telah melakukan kolaborasi dengan rekanan, sebab proyek yang terindikasi menyimpang tersebut tetap saja di berita acarakan.

Menanggapi hal ini, Bung Nasty Ketua Investigasi LSM Suara Informasi Korupsi Anggaran Pemerintah (SIKAP) Labuhanbatu menegaskan akan menyurati Kejaksaan Negeri Rantauprapat, untuk mengusut dugaan penyimpangan yang terjadi dalam pelaksaan proyek ini.

”Insya ALLAH kita akan berupaya dan meminta pihak aparat penegak hukum untuk menyikapi persoalan ini, dan kami juga akan membawa permasalahan ini ke Kejatisu bilamana pihak Kejari tidak merespon nantinya,”tegas Nasty. (ta/ss/lb)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...