Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› LSM Minta Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Dicopot

LSM Minta Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Dicopot

Gunungsitoli, suarasumut.com — Solidaritas LSM dan Ormas Kota Gunungsitoli mendesak Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp mencopot Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Firman Lase. Mereka juga meminta Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gunungsitoli Barat atas nama Medianus Zebua ikut dicopot.

Hal tersbeut disampaikan Solidaritas LSM dan Ormas Kota Gunungsitoli pada aksi unjukrasa yang diterima langsung Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp, di halaman kantor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (25/2).

Pada unjuk rasa, Walikota diminta memproses perbuatan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gunungsitoli Medianus Zebua sesuai kode etik kepegawaian, dan mencopot dia dari jabatan Kepala Sekolah, karena telah melakukan penganiayaan terhadap salah seorang warga.

Walikota juga didesak mencopot sekretaris Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Firman Lase, karena tidak beretika, dan sengaja memback-up perbuatan Medianus Zebua dan menolak laporan Solidaritas LSM dan Ormas Kota Gunungsitoli.

Sehingga, akibat perbuatan sekretaris Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli tersebut, mental, moral dan etika PNS khususnya di Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli sudah sangat bobrok, dan diminta untuk dapat dibina oleh Walikota Gunungsitoli.

Menanggapi aksi unjuk rasa tersebut, Walikota menjelaskan jika yang berwenang untuk mengambil keterangan atau tindakan terkait kasus penganiayaan yang disangkakan kepada kepala sekolah SMK negeri 1 Gunungsitoli Barat Medianus Zebua adalah Polisi.

Dia meminta pihak kepolisian untuk mengambil langkah cepat dalam menuntaskan kasus tersebut, dan apabila Medianus Zebua terbukti, maka dia mendesak Polisi untuk segera mengambil langkah hukum..

Dendam Lama Antar Keluarga

Medianus Zebua yang dikonfirmasi suarasumut.com di kediamannya yang terletak di Desa Boyo, Kota Gunungsitoli, Kamis (26/2), membantah telah melakukan penganiayaan terhadap salah seorang warga. Tetapi dia mengakui, sebelum dia di demo Solidaritas LSM dan Ormas, ada kejadian di rumah duka adik ayahnya yang meninggal dunia.

Dimana beberapa minggu yang lalu pada acara penempatan jenazah di dalam peti mati, mereka melakukan acara adat dan membagi bagikan daging babi kepada warga yang ikut dalam acara adat.

Tetapi, setiap daging tersebut diberikan kepada salah seorang warga yang masih kerabat dekat bernama Lidaaro Zebua alias Ama Keri, warga tersebut tetap membuang daging babi tersebut beberapa kali sambil marah dan menuding semua warga yang ada di rumah duka rakus dengan daging babi.

Lidaaro yang masih saudara dekat, namun memiliki dendam lama dengan keluarga besarnya yang seharusnya tidak hadir pada acara tersebut bertambah emosi ketika ditegur Ama Menesi (orang tua Medianus Zebua). “Karena tidak suka ditegur bapak saya, dia mau memukul bapak saya, tetapi sebelum berhasil dia terjatuh karena menginjak piring yang dia buang sendiri. Malu karena terjatuh dan ditertawain orang, dia mengambil pisau di rumahnya dan kembali mengejar ayah saya sambil mengancam akan membunuh dengan pisau ditangannya,” ungkap Medianus.

Karena membawa pisau dan ingin membunuh Ama Menesi, Lidaaro dihadang salah seorang warga Asali alias Ama Ramlan, sehingga terjadi pergumulan antara Lidaaro dan Asali selama beberapa saat. Pergumulan tersebut berhasil dilerai dan pisau ditangan Lidaaro berhasil diamankan, namun salah satu jari tangan Asali putus akibat terkena pisau yang dibawa Lidaaro. Tidak puas aksinya gagal, Lidaaro kembali ke rumahnya mengambil parang, tetapi behasil dicegah oleh keluarganya.

Kasus tersebut kini sedang ditangani pihak kepolisian menurut Medianus, dan sedang dalam penyelidikan Polisi. Kepada awak media, Medianus tidak lupa membeberkan, keluarganya dan keluarga Lidaaro telah lama bertengkar dan memiliki dendam antar keluarga, sehingga mereka tidak satu adat lagi.(sw/ss/gs)

Kata kunci terkait:
sekretaris dinas pendidikan kota gusit

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...