Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Limbah PKS PTPN IV Unit Ajamu Resahkan Warga

Limbah PKS PTPN IV Unit Ajamu Resahkan Warga

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Unit Ajamu yang berada Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu resahkan warga.

Pasalnya selain menimbulkan bau busuk, limbah pabrik tersebut juga telah mencemari air parit besar yang terbentang di sepanjang jalan Desa Teluk Sentosa, tidak jauh dari PKS.

Hal ini diungkapkan warga sekitar, selain mencemari parit warga, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga disebut telah mencemari sungai Berumun melalui anak sungai yang terhubung ke parit besar, Kamis (8/12).

“Ginilah pak kalau sudah musim hujan baunya menyengat, apalagi kalau pasang naik, sampai itu (Limbah) ke pekarangan warga. Mereka kan buangnya ke sungai Berumun sana, melalui parit ini,”terang warga yang tidak ingin namanya ditulis sembari menunjuk kearah sungai.

Hal serupa juga dikatakan Rahim atau biasa dipanggil Rahman, meski setiap harinya warga mencium aroma bau busuk, namun tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pudding dari perusahaan pun tidak pernah mereka nikmati.

“Jangankan susu sekaleng, permen se biji pun tak pernah mereka berikan sama kita,” katanya sembari berjalan mengajak wartawan melihat parit yang dialiri limbah tersebut.

Kepala Desa Teluk Sentosa, Apifuddin, ketika dimintai tanggapannya juga membenarkan hal tersebut, hingga saat ini
warganya tidak pernah mendapatkan bantuan CSR mau pun dana bantuan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dari perusahaan itu, Kamis (8/12).

“Dana CSR itu kemana, dana bina lingkungan itu kemana?,”ungkapnya.

“Dengan adanya perusahaan itu maunya mensejahterakan masyarakat, kalau keberadaannya menyusahkan masyarakat untuk apa? Bagus angkat kaki aja,” tambahnya.

Dirinya mengatakan dalam waktu dekat ini, ia bersama dengan kades Meranti Paham, Sugeng, akan segera melakukan terobosan untuk menyadarkan perusahaan akan tanggungjawab sosialnya itu terhadap masyarakat sekitar.ta/ss/lb

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...