Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Limbah PKS PTPN III Sisumut Cemari Sungai, Ribuan Ikan Mati Keracunan

Limbah PKS PTPN III Sisumut Cemari Sungai, Ribuan Ikan Mati Keracunan

Kotapinang | suarasumut.com  –  Tim Investigasi DPRD Labusel tinjau sungai “Danau Teruntung” yang tercemar air limbah beracun di Dusun Sijambu Desa Sisumut Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang mengakibatkan ribuan ikan mati di sungai tersebut.

Kedatangan tim dikarenakan adanya laporan dan surat masuk dari masyarakat ke DPRD tentang pencemaran limbah di Sungai Danau Teruntung, rombongan tim investigasi DPRD langsung dipimpin Ketua H.Edimin dan sejumlah anggota DPRD instansi pemerintah dari dinas lingkungan hidup selain meninjau sungai yang tercemar.

Rombongan tim juga melakukan investigasi ke lokasi areal Land Aplication (LA), PKS (Pabrik Kelapa Sawit) PTPN3 yang diduga mengalami kebocoran. Setelah memeriksa sejumlah bak penampungan limbah, para tim menemukan beberapa bak kontrol Land Aplication (LA) tidak berfungsi sehingga limbah meluap dan masuk kealiran sungai.

Pihak Perusahan PKS PTPN3 Sisumut saat dikonfirmasi awak media sempat membantah kalau limbah mereka yang menjadi sumber pencemaran. “Setelah proses di PKS, limbah disalurkan ke kolam Ipal kemudian diolah lalu disalurkan ke area Land-Aplications (LA), sehingg tidak ada yang sampai ke badan air,” kata Manajer PKS PTPN3

Sisumut, M Malenta Sebayang didampingi Kepala Desa Sisumut, Sugiono. Manajer Kebun PTPN3 Sisumut Gurid Hadi Tjahyo Pramono menambahkan, area LA mereka terletak di Afdeling V perkebunan tersebut dengan luas 25 hektare dan berjarak lebih kurang 7,5 kilometer dari Sungai Teruntung.

Menurutnya, dengan jarak itu mustahil limbah mencemari danau. “Area LA seluas 25 hektar itu berada di lahan kebun yang total luasnya 800 hektare lebih. Tadi kami bersama Kepala Desa sudah meninjau dan hasilnya tidak ditemukan adanya limbah yang meluber kebadan air,” katanya.

Ditempat berbeda Kabid Pembinaan dan Penegakan Hukum BLH Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Ferry Aman Siagian saat ditemui dilokasi tersebut mengaku telah menerima informasi tersebut dari masyarakat. Namun kata dia, saat ini masih dilakukan kroscek kelokasi untuk memastikan penyebab kematian ikan-ikan tersebut. “Kemarin tim sudah diturunkan. Masih dilakukan kroscek terlebih dahulu,”sampainya ke awak media.

Berdasarkan catatan wartawan suarasumut.com ini bukan kali pertama limbah perusahaan modal pemerintah itu mencemari Sungai Danau Teruntung. Pada 5 April 2012 lalu danau tersebut juga tercemar limbah PKS PTPN3 Sisumut hingga menyebabkan ribuan ikan mati dan mengakibatkan nelayan setempat tidak bisa mencari ikan di danau tersebut.

Ketua DPRD H.Edimin membenarkan terjadinya pencemaran Limbah dari PKS PTPN 3 Sisumut akibat bak kontrol Land Aplication pengelolaan limbahnya tidak berfungsi, akibatnya air limbah meluap dan mengalir ke Sungai Teruntung.

Edimin menambahkan, “Saya dan pihak Pemerintah yang terkait akan meminta pihak perusahaan PKS PTPN3 agar memberikan kompensasi kepada para nelayan tradisional yang biasa menangkap ikan di Sungai Teruntung tersebut, kemudian meminta pihak perusahaan PKS PTPN3 agar segera memperbaiki Bak Kontrol Land Aplication Penampungan Limbah PKS,” paparnya.(zr/ss/ls)

Kata kunci terkait:
limbah pks ptpn III sisumut

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...