Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Lestarikan Budidaya Perikanan, Pemkab Sergai Lakukan Gerakan Bersih Pantai

Lestarikan Budidaya Perikanan, Pemkab Sergai Lakukan Gerakan Bersih Pantai

Sergai, suarasumut.com – Dalam rangka terbinanya kelestarian sumber daya perikanan dan lingkungannya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melakukan kegiatan bersih pantai serta memberikan penyuluhan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya merawat wilayah pesisir yang dilaksanakan bertempat di Pantai Kuala Putri Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (6/11).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Staf Ahli bidang SDM Herlan Panggabean, Kadis Perikanan dan Kelautan Sergai, Camat Pantai Cermin, siswa/i Sekolah Perikanan dan Kelautan, undangan serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu sektor unggulan dalam memajukan perekonomian daerah ini. Wilayah pesisir dan laut Pemkab Sergai masuk kedalam kawasan Pantai Timur Sumatera Utara yang berbatasan dengan selat Malaka telah menjadi tumpuan penunjang perekonomian bagi masyarakat pesisir.

Namun seperti halnya di wilayah pesisir lain di Indonesia, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan dan kelautan Kabupaten Sergai dihadapkan dengan berbagai tantangan yang mendasar. Mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan tanpa merusak daya dukung lingkungan pesisir.

Lebih lanjut H. Soekirman mengatakan tantangan ini muncul seiring dengan permasalahan kerusakan lingkungan pesisir yang terjadi hampir disemua wilayah pengelolaan perikanan. Diantaranya pencemaran sampah baik lingkungan sekitar maupun industri, penebangan mangrove dan alih fungsi mangrove.

Untuk itu Pemkab Sergai melakukan upaya pemanfaatan dan pengelolaan wilayah pesisir yang berwawasan lingkungan setiap tahunnya dengan melakukan penanaman dan pelarangan penebangan pohon mangrove di wilayah pesisir. Hutan mangrove sebagai kawasan hutan lindung harus tetap dipertahankan sebagai habitat ikan, udang, kepiting dan organisme laut lainnya.

Diakhir sambutan Bupati mengingatkan bahwa untuk menjaga dan memelihara ekologi dan ekosistem pantai bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga tanggung jawab kita semua. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pemerintah harus dijaga, dipelihara dan dikembangkan masyarakat.

Diharapkan kegiatan bersih pantai yang diikuti dengan penyerahan bibit pohon cemara laut dan tempat sampah, dijadikan simbol untuk memotivasi kita semua lebih peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan pantai sehingga meningkatkan kunjungan wisata bahari.

Sebelumnya ketua panitia melaporkan tujuan dari kegiatan gerakan bersih pantai ini untuk mensosialisasikan dan mewujudkan masyarakat yang peduli serta sadar memelihara lingkungan sehingga tercipta pantai dan laut yang bersih dan lestari dan memelihara potensi perikanan laut Sergai.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Brakk!!! Mega Pro vs Vario, Satu Tewas, Satunya Lagi Kritis

TAPTENG | suarasumut.com  –  Lakalantas antara Mega Pro Bk 5800 ZAD vs Vario BB 5440 ...