Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Lakip SKPD Di Pemkab Nias Dievaluasi

Lakip SKPD Di Pemkab Nias Dievaluasi

Nias, suarasumut.com — Laporan Akuntabilitas Pemerintah (Lakip) tiap SKPD di Pemerintah Kabupaten Nias dilakukan evaluasi. Evaluasi penyusunan Lakip tiap SKPD dilaksanakan di kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli, Jum’at (13/2) yang lalu.

Evaluasi Lakip SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Nias dihadiri Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Sekda Kabupaten Nias dan Edison Sidabuke, SE Dari BPKP Provinsi Sumatera Utara.

Wakil Bupati Nias dalam sambutannya memberitahu, kegiatan evaluasi Lakip di Pemkab Nias merupakan salah satu reformasi birokrasi untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja dan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah.
Kedua aspek tersebut merupakan hal penting, dan tidak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pertemuan yang digelar saat ini menruut dia, merupakan wujud konkrit dalam mewujudkan tujuan dari reformasi birokrasi dimaksud.

“Akuntabilitas kinerja SKPD merupakan implementasi kontrak kinerja antara kepala skpd dengan atasannya. Apabila kinerja skpd mengalami penurunan, sudah jelas berpengaruh pada kinerja pemerintah Kabupaten Nias secara keseluruhan,” ungkap Arosokhi.

Wakil Bupati juga menambahkan, perlu diketahui, selain capaian kinerja maksimal dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja, hal penting lainnya yang dicapai adalah sinkronisasi antara renstra skpd dengan RPJMD Kabupaten Nias 2011-2016, yang meliputi visi misi, tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan pembangunan melalui prioritas program kegiatan pembangunan di kabupaten nias.

“ Rencana strategi skpd harus sejalan dengan RPJMD, begitu juga dengan indikator kinerja utama skpd yang harus sejalan dengan indikator kinerja utama pemerintah Kabupaten Nias. Dengan pola demikian, serta komitmen yang kuat, niscaya nilai Lakip sebagaimana yang kita harapkan bersama dapat kita raih dari predikat c yang sebelumnya, beranjak naik menjadi predikat b,” ujar Wakil Bupati Nias.

Pada kesempatan tersbeut, dia tidak lupa mengingatkan pimpinan skpd/unit kerja, supaya senantiasa memberikan dukungan terkait penyusunan lakip pada skpd/unit kerja yang mereka pimpin, dan meminta pertemuan yang digelar ini benar-benar memberi manfaat yang positif dalam hal evaluasi pelaksanaan penyusunan lakip, demi meningkatkan kinerja pemerintah yang muaranya terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Ketua tim pelaksana Drs. Yosafati Waruwu dalam laporannya mengatakan, kegiatan evaluasi Lakip tujuannya untuk menyesuaikan penyusunan Lakip SKPD sesuai dengan sistematika Permen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 53 Tahun 2014, tentang Juknis perjanjian kinerja, pelaporan Kinerja atas pelaporan kinerja instansi Pemerintah.

Selain itu, untuk menyamakan pemahaman dalam penyusunan dokumen Lakip SKPD sesuai dengan sistematika yang baik dan benar yang diserta dengan indikator kinerja utama dan indikator program kegiatan SKPD yang berorientasi hasil /Outcome.(sw/ss/lu)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...